Beranda Karawang Sosialisasi Perda Nomor 17 Tahun 2023, Bupati Karawang Apresiasi Warga Taat Pajak

Sosialisasi Perda Nomor 17 Tahun 2023, Bupati Karawang Apresiasi Warga Taat Pajak

Perda nomor 17 tahun 2023 di karawang
Bupati Karawang, Aep Syaepuloh mengapresiasi masyarakat yang sudah menunaikan kewajiban membayar pajak daerah tepat waktu sesuai ketentuan. Foto: dok. Istimewa

KARAWANG – Bupati Karawang, Aep Syaepuloh mengapresiasi masyarakat yang sudah menunaikan kewajiban membayar pajak daerah tepat waktu sesuai ketentuan.

Itu disampaikan Bupati Aep saat sosialisasi Kebijakan Pajak Daerah Dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Karawang pada Rabu (17/1).

Menurutnya, ketaatan wajib pajak daerah baik perorangan maupun badan hukum merupakan kontribusi masyarakat membangun Kabupaten Karawang melalui sektor pajak daerah.

Baca juga: Pajak Hiburan Naik Minimal 40 Persen, Menparekraf Sandiaga Uno: Tidak Akan Mematikan

Ketaatan wajib pajak itu juga tentunya tak luput dari peran langsung oleh para Pengurus Daerah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Kabupaten Karawang, Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Kabupaten Karawang, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Karawang, Bank BJB Cabang Karawang, Notaris/PPAT, dan Camat selaku PPATS.

Dia menjelaskan, dasar penetapan Perda) Nomor 17 Tahun 2023 bertujuan untuk melaksanakan amanat Undang-Undang hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah sebagai upaya penyempurnaan dasar hukum pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah.

“Optimalisasi pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah sebagai komponen pendapatan asli daerah (PAD) yang memiliki kontribusi besar dan merupakan sumber pendanaan yang penting untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik yang berkeadilan, serta mencabut peraturan-peraturan daerah tentang pajak daerah dan retribusi daerah yang sudah tidak sesuai dengan undang-undang hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” paparnya.