Beranda Headline Sosok Hakim Eman Sulaeman yang Bebaskan Pegi Setiawan: Lahir di Karawang, Dikenal...

Sosok Hakim Eman Sulaeman yang Bebaskan Pegi Setiawan: Lahir di Karawang, Dikenal Idealis Sejak Kecil 

Hakim eman sulaeman di karawang
Kerabat Hakim Eman Sulaeman, Mohammad Chatta.

KARAWANG – Sosok Eman Sulaeman, hakim tunggal di Pengadilan Negeri (PN) Bandung menarik perhatian publik usai mengabulkan gugatan praperadilan Pegi Setiawan dalam kasus pembunuhan Eky dan Vina di Cirebon 8 tahun silam.

Putusan itu dibacakan Hakim Tunggal Eman Sulaeman dalam sidang putusan praperadilan Pegi Setiawan di PN Bandung, Senin (8/7).

Lalu siapa sebenarnya sosok Hakim Eman?

Hakim Eman Sulaeman Lahir di Karawang pada 10 April 1975. Dia tinggal di Desa Puseurjaya, Kecamatan Telukjambe Timur.

Semasa kecil, Eman bersekolah di Karawang sebelum melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Pasundan, Jurusan Ilmu Hukum dan lulus di tahun 1999.

Baca juga: Pegi Setiawan Bebas dari Kasus Vina Cirebon, Tangisan Keluarga Pecah

“Dari SD sampai SMA sekolah di sini, di Telukjambe. S1 nya di Bandung sampai sekarang. Tapi kadang pulang juga ke Karawang,” ungkap salah seorang kerabat Eman Sulaeman, Mohammad Chatta (64).

Dikenal sosok idealis

Chatta bilang, sosok Eman kecil di lingkungannya dikenal sebagai orang pendiam, namun berpendirian kuat.

Hal itu dirasakan Chatta saat beberapa kali berdiskusi dengan Eman ketika masih bersekolah. Seingatnya, kala itu Eman memang sempat mengutarakan cita-citanya menjadi seorang hakim.

“Dia emang cita-citanya pengin jadi hakim, sarjana hukum, alhamdulillah tercapai lah. Dulu beberapa kali ngobrol, diskusi tentang masalah sosial, yang sifatnya umum aja, kesan saya memang orangnya kukuh, idealis, dan dikenal kutu buku juga,” ungkap Chatta.

Baca juga: Candu Judol dan Pinjol Bikin Ribuan Pasutri di Karawang Bercerai

Warga sering nobar Eman

Dia bilang, sejak mengetahui bahwa Eman adalah hakim tunggal dalam praperadilan Pegi Setiawan, banyak warga yang sering menggelar nobar persidangan tersebut.