Beranda Headline Wah! Ada 68 ASN dan Ribuan Warga Karawang Berekonomi Mapan Terindikasi Terima...

Wah! Ada 68 ASN dan Ribuan Warga Karawang Berekonomi Mapan Terindikasi Terima Bansos

Asn karawang terima bansos
Foto: ilustrasi penyaluran bansos.

KARAWANG – Kementerian Sosial (Kemensos) mengidentifikasi jika ASN, pemilik usaha dan peserta BPJS Ketenagakerjaan di Karawang, Jawa Barat masih terima bantuan sosial (bansos). Jumlahnya pun tak main-main, yakni mencapai 10.073 orang.

Hal itu terungkap berdasarkan surat dari Dinas Sosial (Dinsos) yang dialamatkan untuk seluruh kecamatan di Karawang dengan Nomor 460/1347/Dinsos perihal permohonan verifikasi validasi (Verval) data terindikasi tidak layak menerima bansos yang diterbitkan pada 12 September 2023.

Dari isi surat itu, teridentifikasi jika ada ASN, peserta BPJSTK dan pemilik usaha atau AHU yang menerima bansos sebanyak 10.073 orang. Rinciannya, pelaku usaha 74 orang, ASN 68 orang dan karyawan peserta BPJS Ketenagakerjaan 9.931 orang.

Baca juga: Momen Warga Kaget Tiba-tiba Ditelepon Wabup Karawang, Diberi Hadiah Sepeda Listrik

“Berdasarkan hasil identifikasi yang dilakukan oleh Kementerian Sosial, masih ditemukan penerima bantuan sosial yang tercatat pada data Aparatur Sipil Negara (ASN), basis data pemilik atau pengurus Perusahaan, peserta BPJS Ketenagakerjaan sebagai penerima upah minimum Kabupaten maupun yang tercatat meninggal pada basis data kependudukan,” bunyi surat yang diterbitkan Dinsos Karawang dikutip Jumat, 15 September 2023.

Kemudian, dari surat tersebut, Dinsos Karawang meminta agar data tersebut segera diverifikasi dan divalidasi untuk memastikan keluarga penerima manfaat (KPM) apakah betul sebagai penerima upah minimum atau bukan.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Asep Achmad Dinsos Karawang membenarkan adanya surat permintaan verval penerima bansos ke tiap kecamatan itu.

Baca juga: Bersih-bersih Saluran Air Jadi Cara Petani Kampungsawah Rayakan HUT ke-390 Karawang

Pihaknya mengaku terus melakukan monitoring dan verifikasi agar daftar penerima bansos di Karawang betul-betul tepat sasaran.

Namun, data penyalurannya baru bisa diketahui setelah mendapatkan konfirmasi dari PT Pos selaku penyalur. “Sekarang belum bisa ketahuan yang salur berapa, yang tidak salur berapa. Insya Allah Senin atau Selasa depan baru ketahuan,” tambahnya.

Berkaca pada bulan lalu, ada temuan 7 PNS yang mendapatkan bansos. Tetapi pihaknya langsung menindaklanjuti dengan melaporkan kepada Kemensos RI.

“Bulan kemarin, total bantuan keseluruhan Karawang itu 1.057, PKH 74 ribu. Yang kedetek, PNS 7 orang,” tandasnya. (*)