Beranda Regional YSKI Payakumbuh Edukasi Pencegahan Deteksi Dini Kanker di Lapas Suliki

YSKI Payakumbuh Edukasi Pencegahan Deteksi Dini Kanker di Lapas Suliki

YSKI Lapas Suliki
YSKI Payakumbuh dan jajaran Dharma Wanita Lapas Kelas III Suliki berfoto bersama usai kegiatan penyuluhan deteksi dini tumor dan kanker.

Lima Puluh Kota – Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia (YSKI) Payakumbuh memberikan penyuluhan terkait deteksi dini tumor dan kanker di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota, Jum’at (23/12/22).

Penyuluhan terkait deteksi Dini Tumor dan Kanker, dihadiri oleh pegawai Lapas Suliki dan ibu-ibu Dharma Wanita Lapas Suliki serta warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Pemateri dari YSKI Payakumbuh, Putri Azizah menjelaskan, tumor dan kanker adalah penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Namun banyak orang yang tidak menyadari tanda atau gejala penyakit tersebut.

“Para pasien justru telat memeriksakan diri, ketika sudah naik stadium baru mereka sadar terkena penyakit kanker, maka dari itu kami YSKI hadir untuk memberikan kesadaran tentang deteksi dini dan pencegahan,” kata dia.

Baca juga: Harunya Warga Binaan Lapas Suliki saat Basuh Kaki di Hari Ibu

Kepala Lapas Kelas III Suliki, Kamesworo mengucapkan Terima Kasih atas paparan materi mengenai kanker dan tumor dari YSKI Payakumbuh.

“Kita bisa mengetahui bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati, dan menerapkan hidup sehat,” ujar Kamesworo.

Selain memberikan edukasi, rencananya YSKI Payakumbuh akan memberikan bibit tanaman herbal temu putih yang dapat menangkal virus termasuk virus penyebab kanker untuk ditanam di Lapas Kelas III Suliki. (*)