Beranda Health 6 Rebusan Daun yang Manjur Turunkan Kolesterol Tinggi, Nomer 4 Gampang Ditemui

6 Rebusan Daun yang Manjur Turunkan Kolesterol Tinggi, Nomer 4 Gampang Ditemui

Rebusan daun untuk atasi kolesterol tinggi
Daun kelor dipercaya berkhasiat menurunkan kolesterol tinggi. (Istimewa)

TVBERITA.CO.ID – Kondisi kolesterol tinggi merupakan hal yang dihindari kebanyakan orang. Bagaimana tidak, kadar kolesterol tinggi bisa sewaktu-waktu memicu penyakit stroke atau jantung.

Penyakit satu ini diakibatkan kebiasaan pola makan yang buruk atau terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak.

Hal ini menyebabkan zat lemak menumpuk di dalam darah, sehingga menyumbat sirkulasi aliran darah di otak. Ketika sumbatan sudah terlalu besar, maka kematian otak dapat terjadi.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi HP Tiba-tiba Mati Sendiri, Gak Perlu Panik!

Untuk menghindarinya, ada pengobatan yang alami dari dedaunan untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Mengutip dari detik.com, rebusan daun di bawah ini dipercaya dapat turunkan kadar kolesterol tinggi. Yuk kita ulas!

1. Daun Kelor
Rebusan daun untuk kolesterol tinggi.

Tidak diragukan lagi bahwa daun kelor menjadi obat kolesterol. Tanaman ini bahkan sudah dimanfaatkan sejak bangsa Indian mengatasi obesitas. Kandungan zat aktif seperti flavonoid dan tanin, membuat daun kelor diklaim memiliki efek untuk menurunkan kolesterol dengan cepat.

2. Daun Artichoke
Rebusan daun untuk kolesterol tinggi

Terdapat sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa efek daun artichoke dapat menurunkan kolesterol. Dikutip dari Medical News Today, ekstrak daun artichoke dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Artichoke memiliki zat cynarin yang mempengaruhi pencernaan lemak dalam tubuh.

3. Daun Sirih
Rebusan daun untuk atasi kolesterol tinggi

Mengutip Lybrate, rebusan daun sirih memiliki kadar eugenol yang dapat turunkan kolesterol kolesterol tinggi. Selain itu, eugenol juga menghambat jumlah kolesterol yang dihasilkan di liver dan dapat membantu mengurangi jumlah lipid yang diserap oleh usus.

4. Daun Salam

Tidak hanya untuk bahan tambahan masakan, daun salam ternyata juga bisa menurunkan kolesterol. Daun salam kaya akan senyawa flavonoid. Flavonoid inilah yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi.

5. Daun sirsak
Rebusan daun untuk atasi kolesterol tinggi

Daun sirsak sudah lama dikenal masyarakat sebagai obat kolesterol herbal yang mudah untuk dicari dan bahkan diklaim sangat efektif. Salah satu studi menyatakan bahwa air rebusan daun sirsak mengandung senyawa flavonoid yang dapat memberikan efek pembentukan kolesterol di dalam darah.

6. Daun Serai

Dikutip dari Healthline, daun serai dapat menurunkan kolesterol. Dalam sebuah studi Journal of Advanced Pharmaceutical Technology and Research, daun serai dapat menurunkan kadar kolesterol pada hewan. Penurunan kadar kolesterol tersebut tergantung pada dosis yang diberikan.

(*)