Beranda Health Kulit Kamu Kering? Yuk Konsumsi Buah Ini Saat Sahur dan Buka Puasa

Kulit Kamu Kering? Yuk Konsumsi Buah Ini Saat Sahur dan Buka Puasa

Rekomendasi buah untuk kulit kering
Buah Untuk Atasi Kulit Kering Saat Ramadhan (Foto: Istock)

TVBERITA.CO.ID – Kulit kering saat menjalani puasa kerap dialami oleh sebagian orang. Kalau sudah menyangkut kulit, pasti sangat meresahkan terutama untuk kaum perempuan.

Melansir Medical News Today, kulit yang semakin kering cenderung dipicu karena kurangnya nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi itu seperti mineral dan vitamin C, A, D, hingga E.

Kalau dipikir, makanan yang cocok untuk mengatasi kulit kering saat puasa apa, ya? Tenang, berikut ada 4 rekomendasi buah yang bisa kalian konsumsi saat berbuka puasa maupun sahur. Kandungan nutrisi yang ada di dalam 4 buah ini diklaim mampu membantu menghidrasi kulit.

Baca juga: Manfaat Menghirup Aroma Kopi Bagi Kesehatan, Tingkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Buah apa sajakah itu, simak ini sampai akhir!
1. Alpukat
Atasi kulit kering
Alpukat (Foto: Istock)

Disamping kandungan lemak sehatnya yang tinggi, alpukat juga kaya akan vitamin E dan C. FoodData Central melaporkan dalam 100 gram alpukat terkandung 2,07 mg vitamin E dan 10 mg vitamin C.

Kandungan air dalam alpukat juga tinggi yaitu sekitar 73,2 gram dengan takaran sama.

Vitamin E membantu dalam menjaga kesehatan kulit. Kamu bisa mendapatkan cukup vitamin E dari makanan maupun suplemen.

Kepala ilmuwan LaFlore Probiotic Skincare, Maya Ivanjesku yang dilansir dari Healthline menyebut, lemak, senyawa, dan vitamin yang ditemukan dalam alpukat bisa membantu meminimalisir jerawat, kulit pecah-pecah, meratakan warna kulit, dan menjadikan kulit terasa lebih kenyal serta lembap.

2. Air Kelapa
Buah untuk kulit kering
Air Kelapa (Foto: Istock)

Mengonsumsi air kelapa rupanya mampu membantu mengurangi kerutan dan garis halus, meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit, serta meningkatkan produksi kolagen.

Bagi Sara Lutz seorang ahli diet terdaftar dan pembimbing nutrisi di Wellory, hal yang menyebabkan kulit kering, gatal, dan muncul garis halus adalah kurangnya cairan dalam tubuh.

Guna mengatasinya, tubuh perlu adanya keseimbangan elektrolit. Dilansir dari ForbesHealth, Cordelia McFadyen, ahli nutrisi holistik bersertifikat dan pemilik Inspired Living Nutrition Inc., berpendapat bahwa air kelapa merupakan minuman yang bagus untuk mengatasi dehidrasi lantaran kandungan elektrolitnya yang tinggi.

Merujuk FoodData Central, dalam 100 gram air kelapa mengandung elektrolit yang meliputi kalium (250 mg), kalsium (24 mg), magnesium (25 kg), dan sodium (105 mg).

Baca juga: 8 Manfaat Konsumsi Telur Puyuh, Si Kecil yang Kaya Nutrisi

3. Kiwi
Buah untuk kulit kering
Kiwi (Foto: Istock)

Salah satu buah yang bisa membantu menghidrasi kulit adalah kiwi. Buah kiwi mengandung 74,7 mg vitamin C per 100 gram atau setara lebih dari 80 persen rata-rata kebutuhan vitamin C harian tubuh, melansir FoodData Central.

Tubuh membutuhkan vitamin C untuk memproduksi kolagen. Sementara kolagen sendiri memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C mampu meningkatkan fungsi pelindung kulit dan membantu mengurangi kehilangan air yang dapat mencegah kulit kering. Selain itu, bila diimbangi dengan nutrisi lainnya, vitamin C dapat membantu meningkatkan kelembaban kulit.

Penelitian yang dipublikasikan jurnal Nutrients (2017) menerangkan bahwa kulit mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi. Diketahui, ditemukan konsentrasi vitamin C hingga 64 mg per 100 gram lapisan epidermis kulit.

Disamping kaya akan vitamin C, kiwi juga termasuk buah yang rendah kalori, protein, lemak, serta sumber serat yang baik.

4. Semangka
Semangka
Semangka (Foto: Istock)

Buah satu ini kerap disajikan di berbagai kesempatan. Sama halnya kiwi, semangka juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi yaitu 8,1 mg per 100 gram semangka.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Bisa Mempercantik Kulit

Selain itu, semangka juga mengandung 91,4 gram air yang bisa membantu tubuh tetap terhidrasi. Jika tubuh dalam kondisi terhidrasi, maka kulit kamu akan terhindar dari yang namanya kulit kering.

Itulah 4 buah yang bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah kulit kering saat menjalani ibadah puasa. Adakah buah lain yang kamu rekomendasikan? (*)