Beranda Health Tips Atasi Sleep Anxiety, Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur

Tips Atasi Sleep Anxiety, Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur

Sleep Anxiety
Ilustrasi Sleep Anxiety (Foto: Internet)

TVBERITA.CO.ID – Pernahkah kalian mengalami situasi di mana kalian memiliki ketakutan untuk tidur? Atau bahkan kalian sering mengalaminya? Rasa takut untuk tertidur dapat disebut dengan istilah sleep anxiety.

Sleep anxiety biasanya berkutat pada rasa takut atau kekhawatiran karena tidak dapat tertidur atau tetap tertidur. Kekhawatiran ini kemudian dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk mendapatkan istirahat yang cukup.

Seseorang yang memiliki kebiasaan ini juga biasanya memiliki fobia, atau ketakutan tentang tidur yang disebut somniphobia.

Baca juga: BMKG: Sepekan ke Depan Wilayah RI Berpotensi Hujan Lebat

Mereka memiliki pikiran buruk tentang sesuatu yang akan terjadi pada mereka saat tertidur atau mereka berpikir untuk tidak boleh tidur karena mereka harus tetap waspada dengan lingkungannya.

Namun, di saat yang bersamaan, mereka juga khawatir akan tidak cukupnya tidur yang mereka dapatkan dari rasa ketakutan-ketakutan ini. Terdengar rumit, ya?

Meskipun bentuk sleep anxiety pada setiap orang berbeda-beda, umumnya kecemasan ini melibatkan perasaan khawatir karena tidak dapat tertidur atau tetap tertidur.

Biasanya, seseorang yang memiliki sleep anxiety akan merasakan kekhawatiran ini menjelang waktu tidur atau saat mulai berbaring di tempat tidur.

Kekhawatiran tersebut dapat menyebabkan seseorang kurang tidur karena tidak bisa tidur, gelisah saat tidur, atau bangun lebih awal dari yang diinginkan.

Baca juga: Manfaat Menghirup Aroma Kopi Bagi Kesehatan, Tingkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur secara signifikan yang juga dapat membantu untuk mengatasi sleep anxiety:

  • Menghindari tidur siang
  • Menciptakan lingkungan tidur yang nyaman
  • Tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama juga di setiap pagi
  • Menjauhkan diri dari perangkat elektronik seperti ponsel atau televisi selama satu jam sebelum tidur
  • Menghindari makan besar, kafein, dan alkohol di malam hari
  • Lakukan kegiatan relaksasi sebelum tidur seperti meditasi atau mendengarkan musik yang soft dan peaceful

Apabila dibiarkan dan tidak diatasi dengan baik, sleep anxiety akan berpengaruh pada berbagai aspek dalam hidup seperti performa di tempat kerja dan interaksi dengan orang-orang sekitar. Selain itu, tentu hal ini akan memiliki implikasi negatif pada kesehatan jika ia tidak kian membaik.

Akan lebih baik bagi seseorang untuk mengunjungi pihak profesional untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut apabila sleep anxiety yang dialami kian memburuk seiring berjalannya waktu. Yuk, perhatikan lebih baik pola istirahatmu! (*)