Beranda Karawang Mau Kulineran di Karawang? Belum Lengkap Kalau Belum Cobain 7 Makanan Khas...

Mau Kulineran di Karawang? Belum Lengkap Kalau Belum Cobain 7 Makanan Khas Ini

Makanan khas karawang

TVBERITA.CO.ID – Kabupaten Karawang, Jawa Barat dikenal sebagai kota industri sekaligus lumbung padinya Indonesia. Maka tak mengherankan, Karawang memiliki keanekaragaman kuliner atau makanan khas, mulai dari tradisional hingga modern.

Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan anda berbagai macam kuliner khas Karawang yang cocok buat keluarga atau sekadar oleh-oleh.

Berikut daftar makanan khas Karawang yang paling terkenal:

1. Pepes Walahar
Makanan khas karawang

Pepes walahar, kuliner khas dari daerah sekitar Waduk Walahar sehingga di namakan pepes walahar, rasanya enak dan gurih. Tempat yang menjual pepes walahar adalah di kawasan pintu tol Karawang Timur yang sudah legendaris.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Insecure yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

2. Ikan Gabus Bumbu Pucung
Makanan kuliner khas karawang

Ikan gabus bumbu pucung dari olahan ikan gabus yang dipadukan dengan menggunakan kluwek atau pucung yang khas Karawang, dengan rasa yang gurih dan enak.

3. Soto Gempol
Makanan khas karawang

Makanan khas Karawang ini dimana kuah dari soto gempol ini berwarna lebih kuning. Ada banyak varian isian, mulai dari aya, babat, hingga usus atau jeroan lainnya serta dengan tambahan daun bawang dan emping agar lebih sedap dan gurih.

4. Gonjing
Makanan khas karawang

Ada salah satu makanan tradisional Karawang yaitu gonjing, terbuat dari tepung ketan, santan dan parutan kelapa, dengan rasa yang gurih dan lezat cocok di nikmati bersama kopi maupun teh manis hangat.

Baca juga: Seleksi Dibuka September, Simak 10 Tips Ini Agar Kamu Lolos CPNS 2023

5. Tahu bumbu

Banyak dijumpai makan dengan nama tahu bumbu, semuanya memiliki ciri khas masing-masing. Tahu bumbu khas Karawang juga demikian, ciri khasnya
yakni dari bahan bumbu dan cara penyajiannya.

Bumbunya terbuat dari bahan utama berupa kacang tanah yang dihaluskan, kemudian ditambahkan rempah pilihan dan kecap.

Makanan ini menggunakan bahan utama berupa tahu yang sebelumnya digoreng sedikit kering. Dalam penyajiannya, tahu bumbu dilengkapi dengan lontong atau kupat, dan taoge untuk menambah citarasa. Harga yang murah dengan rasa nikmat membuat kuliner ini selalu menjadi incaran wisatawan.

6. Surabi hijau

Salah satu makanan khas Karawang dari jenis kudapan yang wajib anda cicipi adalah Surabi Hijau. Sesuai namanya, makanan ini berwarna hijau dengan rasa manis. Warna hijau dihasilkan dari penggunaan daun suji.

Seperti halnya surabi di kota lain, bahan utamanya yakni menggunakan tepung dan gula pasir. Dalam penyajiannya, Surabi Hijau dilengkapi dengan kuah santan dengan campuran gula aren.

7. Kerupuk bontot

Ada juga kerupuk bontot yang adonan kerupuk ikan yang gurih ditambah bumbu yang kental sehingga rasanya lebih nikmat, kerupuk ini banyak di daerah Rengasdengklok.

Sebenarnya jauh berbeda dengan kerupuk pada umumnya karena teksturnya tidak renyah, justru lembek. Dinamakan Kerupuk Bontot karena masih berbentuk padat ketika disajikan.

Bahan utama untuk membuat makanan unik ini yaitu tepung dan udang. Jika tidak ada udang, banyak juga ditemui yang menggunakan ikan laut sebagai alternatif. Jika disederhanakan, Kerupuk Bontot merupakan makanan yang terbuat dari bahan kerupuk setengah jadi, tepatnya sebelum diiris dan dikeringkan. (*)