Beranda Uncategorized Sebelum Meninggal Kiki Fatmala Siapkan Surat Wasiat

Sebelum Meninggal Kiki Fatmala Siapkan Surat Wasiat

Kiki fatmala
Kiki Fatmala/Istimewa

JAKARTA – Artis senior Kiki Fatmala meninggal dunia pada Jumat (1/12). Ia meninggal saat berusia 56 tahun. Hal tersebut dikonfirmasi pihak keluarga, sekaligus memberi tahu penyebab di balik kabar duka itu.

Dalam unggahan resmi pihak keluarga di akun Instagram Kiki Fatmala, aktris sekaligus model itu disebut sakit sebelum meninggal dunia. Ia sempat kanker hingga berujung komplikasi.

“Dengan kesedihan mendalam dan hati yang berat, kami ingin mengumumkan berpulangnya yang tercinta Kiki Fatmala, yang bukan hanya anggota terkasih keluarga kami tetapi juga seorang sahabat yang dikenal oleh banyak orang,” tulis pihak keluarga.

Baca juga: Susunan Lengkap TKD Prabowo-Gibran di Jabar, Ada Artis Cantik Sampai Mantan Gubernur

“Kiki Fatmala meninggal dunia pada 1 Desember 2023 pada usia 56 tahun, karena komplikasi akibat kanker,” ungkap keluarga, Jumat (1/12).

Dalam tahun-tahun sebelumnya, Kiki Fatmala sudah diberitakan sedang berupaya penyembuhan kanker paru-paru stadium 4 pada November 2021. Sekitar setahun setelahnya, ia sempat blak-blakan mengenai hal itu, termasuk siapkan surat wasiat.

Kala itu, ia mendatangi kantor notaris untuk menulis surat wasiat setelah mendapat saran dari suaminya, Christopher, melansir CNN INDONESIA

“Sempat tuh dua hari kami nangis, mata kita sampai bengkak. Terus dia (suami) bilang, ‘Kamu harus pikirin juga untuk bikin surat wasiat,'” kata Kiki saat menjadi tamu program FYP Trans7 pada 12 Oktober 2022.

“Terus bikin surat wasiat. Aku sudah bikin semua di notaris. Aku juga enggak punya anak, tapi suamiku bilang biasanya orang kalau meninggal yang diributin harta. Semua baiknya ditulis di notaris,” jelasnya.

Pesinetron itu juga sempat bercerita mengenai proses penyembuhan penyakit kanker yang dijalaninya. Kiki mengungkapkan saat itu kanker di paru-parunya sudah berukuran besar dan menyebar.

Baca juga: KPU Karawang Target Partisipasi Pemilu 2024 Capai 85 Persen

Dengan didampingi suami, Kiki akhirnya terbang ke Singapura untuk melakukan penyembuhan dengan metode radiasi.

Selain itu, Kiki bercerita bahwa dia juga pernah terpapar Covid-19 saat masih menderita kanker paru-paru. Hal tersebut membuat Kiki menjadi sangat lemas hingga sempat jatuh di kamar mandi.

Pada April 2022, Kiki mengungkapkan dirinya sudah sembuh dari kanker paru-paru setelah menjalani perawatan sekitar enam bulan.

Hingga kini, keluarga mengumumkan Kiki Fatmala meninggal karena komplikasi akibat kanker.

Kiki Fatmala merupakan bintang film dan sinetron Indonesia yang populer di era 1990-an. Salah satu sinetron yang melambungkan namanya adalah saat Kiki berperan sebagai Mariam dalam Si Manis Jembatan Ancol (1996).

Aktris yang kini berusia 52 tahun itu juga membintangi sejumlah film. Beberapa di antaranya, Bisa Naik Bisa Turun (1991), Masuk Kena Keluar Kena (1992), hingga Hantu Jembatan Ancol (2008). (*)