Beranda Headline Buntut Jembatan Rp10 Miliar Ambles, Pengawas PUPR Karawang Dinilai Lalai

Buntut Jembatan Rp10 Miliar Ambles, Pengawas PUPR Karawang Dinilai Lalai

KARAWANG – Jembatan KW 6 Kepuh, Kelurahan Karangpawitan, Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang amblas beberapa waktu lalu, saat ini sedang diperbaiki. Perbaikan dilakukan mulai hari Senin 17 Januari 2022 kemarin, dengan melakukan pembongkaran trotoar dan jalan. Selanjutnya pemasangan sheetpile pada sisi linning.

Pengamat pemerintahan, Asep Agustian SH.,MH., pun kembali menyoroti perbaikan jembatan yang menelan anggaran hingga Rp10,5 Miliar tersebut.

Dikatakan Asep kepada Awak media, Selasa (18/1/2022),  pembangunan jembatan KW 6 dibangun dalam dua tahap pengerjaan. Tahap pertama sebesar Rp. 8 Miliar yakni bangunan jembatan utama dan tahap kedua sebesar Rp. 2,5 Miliar untuk turunan jembatan dikedua belah sisi.

“Yang kita bicarakan saat ini adalah pembangunan jembatan tahap dua dengan anggaran Rp. 2,5 Miliar dimana dalam pembangunannya ada retensi sebesar 5 persen dari nilai proyek, Nah, pihak pelaksana pekerjaan harus segera memperbaiki dengan biaya retensi 5 persen tadi atau sekitar Rp.125 juta ” kata Asep menjelaskan.

Baca juga: Hujan Deras Jadi Biang Keladi Amblesnya Jembatan KW 6, Kok Bisa?

“Pertanyaannya kemudian, cukupkah uang Rp125 juta ini untuk memperbaiki jembatan yang amblas tersebut? Kalau tidak cukup, itu resiko mereka, untung atau rugi. Kalau kemudian Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang kembali menyuntikkan dana untuk perbaikan, nah, ini baru ada apa,” jelasnya lagi.

1
2
Artikel sebelumnyaKenaikan NJOP di Karawang Menuai Kecaman
Artikel selanjutnyaTanggul di Cikalong Jebol, DPRD Karawang Minta Respon Cepat Pemkab Karawang