Beranda Ekonomi Terus Merugi, Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup

Terus Merugi, Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup

Pabrik bata purwakarta tutup
PT Sepatu Bata Tbk mengumumkan operasional pabrik yang berada di Purwakarta, Jawa Barat tutup. Foto: istimewa

PURWAKARTA – PT Sepatu Bata Tbk mengumumkan operasional pabrik yang berada di Purwakarta, Jawa Barat tutup. Keputusan itu diambil lantaran tren bisnisnya yang terus merugi.

Keputusan pabrik Bata di Purwakarta tutup ini sudah disampaikan manajemen dalam Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Keputusan untuk menghentikan aktivitas produksi Pabrik PT Sepatu Bata Tbk yang berada di Purwakarta berdasarkan Keputusan Direksi tanggal 30 April 2024 yang sebelumnya telah disetujui berdasarkan persetujuan dari Keputusan Dewan Komisaris tanggal 29 April 2024,” kata Direktur Sepatu Bata Hatta Tutuko, dikutip pada Sabtu (4/5/2024).

Baca juga: 781 Calon Haji Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci, Ini Persiapan Pemkab Purwakarta

Perusahaan sepatu yang sudah beroperasi ratusan tahun atau sejak era Kolonial Belanda di Indonesia ini mengaku sudah melakukan berbagai usaha agar pabrik di Purwakarta tetap bertahan.

“PT Sepatu Bata Tbk telah melakukan berbagai upaya selama empat tahun terakhir di tengah kerugian dan tantangan industri akibat pandemi dan perubahan perilaku konsumen yang begitu cepat,” ungkap Hatta.

Secara spesifik, ia menyebut, model-model sepatu dan produk alas kaki lain yang diproduksi dari fasilitas produksi Purwakarta sudah mengalami permintaan penurunan di pasar.

“Perseroan sudah tidak dapat melanjutkan produksi di pabrik Purwakarta, karena permintaan pelanggan terhadap jenis produk yang dibuat di Pabrik Purwakarta terus menurun,” beber Hatta.