Beranda Ekonomi Cara Daftar Kartu Prakerja 2023, Cukup Pakai HP dan Gak Ribet!

Cara Daftar Kartu Prakerja 2023, Cukup Pakai HP dan Gak Ribet!

Cara daftar prakerja 2023
Cara daftar prakerja 2023. (Ilustrasi)

TVBERITA.CO.ID – Pemerintah kembali melanjutkan Program Kartu Prakerja di tahun 2023. Begini cara daftar kartu Prakerja 2023 via prakerja.go.id. melalui handphone (HP).

Program Kartu Prakerja 2023 memiliki sedikit perbedaan dibanding tahun sebelumnya.

Jika sebelumnya masyarakat yang berstatus penerima bansos tidak bisa ikut program Prakerja, maka di tahun ini diperbolehkan dengan total insentif Rp 4,2 juta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mempersilahkan penerima bansos lain seperti bantuan subsidi upah, bantuan langsung tunai UMKM (BPUM), hingga program keluarga harapan yang juga ingin mengikuti program Kartu prakerja.

Baca juga: Pertamina Minta Maaf soal BBM Campur Air di SPBU Rengasdengklok Karawang

“Karena Kartu Prakerja 2023 tidak lagi bersifat semi bansos, maka penerima bantuan seperti BSU, BPUM, PKH, boleh menerima Kartu Prakerja karena ini untuk reskilling, bukan bansos lagi,” kata Airlangga dalam konferensi pers mengutip dari Bisnis.com, Kamis (5/1/2023).

Lantas apa saja syarat terbaru program Kartu Prakerja?

Syarat Kartu Prakerja 2023
  • WNI (Warga Negara Indonesia) berusia 18 tahun ke atas
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD
  • Maksimal 2 NIK (Nomor Induk Kependudukan) dalam 1 KK (Kartu Keluarga) yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.