Beranda Headline Pemkab Karawang Gelontorkan Rp 2,7 Miliar untuk Pengembangan UMKM

Pemkab Karawang Gelontorkan Rp 2,7 Miliar untuk Pengembangan UMKM

UMKM Karawang
Ilustrasi UMKM. (Istimewa)

KARAWANG – Pemerintah Kabupaten Karawang bakal menggelontorkan anggaran senilai Rp 2,7 miliar untuk membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tahun 2023.

Dana bantuan tersebut bukan berupa uang, tapi dikonversi menjadi barang yang dibutuhkan para pelaku UMKM.

“Bantuan itu untuk pengembangan para pelaku UMKM yang ada di Karawang. Jadi bantuannya bisa berupa berupa oven, mesin giling, mixer, atau barang apapun, yang berguna untuk meningkatkan produksi,” kata Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, Senin (9/1).

Mengenai mekanismenya, pelaku UMKM bisa mendaftar dan membuat proposal yang ditujukan ke Dinas Koperasi dan UMKM Karawang.

Baca juga: Dinkop UKM Karawang Bina Pengurus Koperasi Melek Perizinan OSS

“Pengajuannya bisa secara kelompok maupun perorangan,” katanya.

Sementara itu beberapa hari lalu Bupati Cellica meninjau program Dinas Koperasi dan UMKM Karawang di sejumlah titik guna memastikan program pemberdayaan dan bantuan bagi UMKM tepat sasaran dan berdampak positif bagi perkembangan mereka.

“Saya bertemu dengan pemilik usaha rempeyek Nok Uus di Bakan Jati Adiarsa Timur. Produk peyek kacang tanah yang ia jual sejak 2014 ini terus mengalami kenaikan omzet setelah ada bantuan dan pembinaan dari pemerintah,” katanya melansir dari Antara.

Bantuan yang diberikan mulai dari pembuatan sertifikasi PIRT dari Dinas Kesehatan, merek paten, label kemasan, logo halal, permodalan usaha, hingga penjualan dan pemasaran.

Rempeyek Nok Uus telah merambah kurang lebih 70 minimarket ternama seperti Indomaret dan Alfamart di seluruh Karawang. (*)