Beranda Headline Kisruh Al Zaytun, Ribuan Santri Diambil Alih Kemenag, 256 Rekening Panji Gumilang...

Kisruh Al Zaytun, Ribuan Santri Diambil Alih Kemenag, 256 Rekening Panji Gumilang Diblokir

Santri al zaytun kemenag
Kementerian Agama (Kemenag) menyebut pembinaan ribuan santri dan pelajar Ponpes Al Zaytun diambil alih oleh pihaknya.

TVBERITA.CO.ID – Buntut kontroversi Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu membuat banyak pihak turun tangan. Pembinaan para santri Al Zaytun kini dialihkan ke Kementerian Agama serta rekening ponpes resmi diblokir Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Ponpes Al-Zaytun sendiri menjadi sorotan lantaran diduga mengajarkan ajaran menyimpang. Hal itu dimulai sejak beredar video saf salat Id di ponpes mencampur jemaah perempuan dan laki-laki pada April lalu.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut ribuan santri dan pelajar Ponpes Al Zaytun akan diambil alih Kemenag.

“Ribuan santrinya akan diambil alih oleh Kementerian Agama,” kata Ridwan Kamil di Yogyakarta mengutip Antara, Rabu (5/7).

Baca juga: PWNU Jabar Tegaskan Haram Hukumnya Memondokkan Anak ke Ponpes Al Zaytun

Emil, sapaan akrabnya, mengatakan para santri akan dibina sesuai dengan pendidikan yang berlaku dan disepakati bersama, baik itu pengetahuan umum maupun keagamaan.

“Dalam keislaman kita sudah sepakat bahwa kita ini ahlussunnah wal jama’ah, jadi tidak boleh ada fatwa-fatwa, fikih-fikih yang bertentangan dengan yang sudah menjadi kesepakatan kita,” kata Emil, Rabu (5/7).

Sementara itu, Menko Polhukam Mahfud MD juga menyampaikan santri Al Zaytun selanjutnya akan dibina Kemenag sesuai dengan visi dan misi pesantren.

Oleh sebab itu, ia berharap tak ada lagi kegiatan-kegiatan terselubung yang tidak sesuai peraturan perundang-undangan.

“Tak boleh ada kegiatan terselubung dan penyisipan kegiatan-kegiatan yang tak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Lembaga pendidikan Al Zaytun, pesantren dan sekolah itu akan dibina di bawah pengawasan Kemenag,” kata Mahfud di Istana Wakil Presiden dikutip di kanal YouTube Wakil Presiden RI, Selasa (4/7).

Baca juga: Warga Jabar Mau Dapat Diskon Pajak Kendaraan? Ini Syaratnya

PPATK blokir rekening Ponpes

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memblokir 33 rekening atas nama institusi Pondok Pesantren Al Zaytun.

“Semua yang kami analisis (diblokir),” kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana saat dihubungi, Jumat (6/7).

Selain milik ponpes, PPATK juga memblokir 256 rekening terkait Panji Gumilang. Pemblokiran itu, kata Ivan, dilakukan untuk kepentingan proses analisis keuangan.

Ivan menyebut nilai transaksi ratusan rekening terkait nama Panji Gumilang yang diblokir PPATK sangat besar. Namun, ia tak merinci nilai transaksi tersebut.

Baca juga: Cegah Tindak Kekerasan, Jabar Cekas Dikampanyekan di Karawang

“Masif dan besar sekali,” ujarnya.

Mahfud MD sempat mengatakan Panji Gumilang memiliki 256 rekening bank dan enam identitas. Sementara itu, pondok pesantrennya total punya 33 rekening atas nama institusi.

“Ada dari 256 rekening atas nama dia, dan 33 rekening atas nama institusi, jadi 289,” katanya.

Menurut Mahfud, transaksi keuangan di ratusan rekening itu masuk kategori agak mencurigakan. (*)