Beranda Headline May Day 2023 Besok, Puluhan Ribu Buruh Mau Kepung Istana Negara dan...

May Day 2023 Besok, Puluhan Ribu Buruh Mau Kepung Istana Negara dan Gedung MK

May day 2023 buruh
May Day 2023 Besok, 50 ribu buruh mau kepung Istana Negara dan Gedung MK. (Dok/istimewa)

TVBERITA.CO.ID – Sebanyak 50 ribu buruh diperkirakan akan mengepung Istana Negara dan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) besok, Senin 1 Mei 2023.

Aksi besok merupakan peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2023 sekaligus menjadi hari libur nasional.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, Hari Buruh atau May Day 2023 besok merupakan momentum perjuangan dan kerja keras dari tenaga kerja.

Baca juga: THR 10 Ribu Buruh Tak Dibayar Sesuai Aturan, Begini Rupa-rupa Dalih Perusahaan

“Tentunya kita semua harusnya menghargai hak buruh untuk berunjuk rasa atau melakukan aksi di May Day besok serta mendengar tuntutan yang diberikan oleh buruh,” ujarnya, Minggu (30/4/2023).

Namun ia menegaskan, aksi demonstrasi tersebut harus dilakukan secara kondusif, tertib, aman, tanpa provokasi, dan juga harmonis.

“May Day harus menjadi momentum kebersamaan bagi pekerja, pengusaha, dan pemerintah untuk berdialog dan mencari jalan terbaik menuju hubungan industrial yang harmonis dan adil demi kesejahteraan pekerja atau buruh yang berkelanjutan,” katanya mengutip tribunnews.com.

Baca juga: Perih! Mau Lebaran, 1.163 Buruh Pabrik Tekstil Malah Kena PHK

Lalu, apabila aksi May Day dapat berlangsung secara aman, maka tidak akan mengganggu iklim investasi dan juga produktivitas kegiatan usaha.

“Sebaliknya, jika tidak tertib, maka akan berdampak buruk bagi ekonomi. Untuk itu, tanpa mengurangi hak aksi bagi para buruh, Kadin Indonesia mengimbau bahwa ketertiban dan keamanan harus menjadi prioritas nomor 1,” pungkasnya. (*)