Beranda Headline Timsel Segera Buka Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Jabar, Ini Tahapannya

Timsel Segera Buka Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Jabar, Ini Tahapannya

Pendaftaran bawaslu jabar
Ketua Timsel Bawaslu Jabar, Rafih Sri Wulandari.

BANDUNG – Tim Seleksi (Timsel) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat (Jabar) mulai mempersiapkan pendaftaran calon anggota Bawaslu Jabar Periode 2023-2028.

Diketahui, masa kerja anggota Bawaslu Jabar akan berakhir pada Juni mendatang. Sehingga, Timsel yang dibentuk berdasarkan UU 7/2017 dengan melibatkan berbagai unsur di dalamnya, seperti tokoh masyarakat, profesional hingga akademisi, yang bertugas membantu persiapan pemilihan umum (Pemilu) 2024, salah satunya seleksi anggota Bawaslu provinsi.

“Kita dibentuk Bawaslu RI dan SK juga dari Bawaslu RI untuk membentuk Bawaslu yang ada di Jawa Barat, karena beberapa bulan lagi habis (masa kerjanya),” ujar Ketua Timsel Bawaslu Jabar, Rafih Sri Wulandari dari unsur Akademisi Universitas Langlangbuana, Sabtu (4/3/2023).

Baca juga: Bawaslu Karawang Dorong Pemuda Berperan Aktif Awasi Pemilu 2024

Sebelum proses penjaringan atau seleksi, Timsel Bawaslu Jabar terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Harapannya, minat masyarakat untuk turut serta mendaftar sebagai anggota Bawaslu Jabar semakin meningkat.

“Mulai tanggal 6 sampai tanggal 14 kita running sosialisasi, setelah itu baru pembukaan, penerimaan, pemberkasan, ada tes CAT, psikologi, sampai pengumuman yang lolos,” kata Rafih.

Dikatakan Rafih, sosialisasi perlu dilakukan dalam proses seleksi bakal calon anggota Bawaslu Jabar. Pasalnya, ada tiga hal penting yang menjadi fokus sosialisasi, yakni keterwakilan perempuan 30 persen, masyarakat adat, serta disabilitas.

“Kalau masyarakat umum pasti dengan sendirinya mencari data pembukaan pendaftaran, tapi untuk yang tiga tadi, dari sekarang kita sosialisasi biar terbuka. Mudah-mudahan disabilitas, perempuan, masyarakat adat, itu terakomodir,” ujarnya.