Beranda Bekasi Pegabdian Pada Masyarakat , Universitas Miyazaki dan STIKES Bani Saleh Bekasi Kunjungi...

Pegabdian Pada Masyarakat , Universitas Miyazaki dan STIKES Bani Saleh Bekasi Kunjungi Puskesmas

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID – Sebagai pengabdiannya kepada masyarakat, Dosen dan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STikes) Bani Saleh Kota Bekasi dan Universitas Miyazaki Jepang mengadakan kunjungan ke Puskesmas Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat belum lama ini.

Organisasi mahasiswa merupakan element yang penting pada sebuah fakultas, yang mana organisasi ini akan mewadahi setiap kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Dalam proses pembentukan organisasi sangat membutuhkan informasi baik dari dalam maupun dari luar fakultas, baik dari Universitas/Perguruan Tinggu yang berada didalam negeri maupun Universitas/perguruan Tinggi yang berada dari luar negeri untuk mewarnai pola kegiatan dari organisasi tersebut.

“Kunjungan mahasiswa keperawatan Universitas Miyazaki Jepang ke Stikes Bani Saleh Bekasi, ini adalah dalam rangka pertukaran mahasiswa dan kebudayaan,” kata Ketua Stikes Bani Saleh Kota Bekasi, Shintha Silaswati saat dikonfirmasi TvBERITA.CO.ID, Jumat (27/09/2019).

Dia menyadari sepenuhnya, bahwa masa depan adalah dunia digital. Lembaga pendidikan kesehatan akan dihadapkan oleh dinamika baru pada era industri informasi babak baru, Industri 4.0 akan segera merambah secara luas didunia pelayanan kesehatan, sehingga pendidikan dan profesi dibidang kesehatan akan dipaksa untuk beradabtasi dengan perubahan global tersebut.

“Basis perubahan pelayanan akan bergerak berubah dengan basis pada internet, cyber dan networking. Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi telah mengubah industri kesehatan secara radikal,” jelasnya.

Hal ini tentu menimbulkan tatangan baru bagi profesi kesehatan dan lembaga pelayanan kesehatan. Transisi teknologi membuat transisi perilaku layanan, serta berbagai implikasinya. Namun manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi antar manusia dengan manusia lainnya.

Sisi humanis manusia tentu tidak dapat hilang dengan adanya interaksi antara tenaga kesehatan dan pasien. Namun pola pelayanan seperti apa ke depan, Nilai-nilai organisasi apa yang dibutuhnya, Kompetensi Sumber daya Manusia (SDM) kesehatan bidang keperawatan, farmasi, dan kebidanan seperti apa yang dibutuhan ke depan, Kurikulum bidang keperawatan, farmasi, dan kebidanan seperti apa ke depan.

Serta hal-hal apa yang dibutuhkan oleh lembaga pendidikan tenaga kesehatan ke depan, khususnya STIKES Bani Saleh yang saat ini memiliki program studi bidang keperawatan, farmasi, dan kebidanan, sehingg tetap eksis dan mampu mewujudkan visi organisasi di tahun 2025.

“Kegiatan kunjungan Universitas Miyazaki ke STIKES Bani Saleh ini merupakan wadah pengembangan wawasan akademik yang diharapkan mampu memberikan inovasi akademik , khususnya di STIKES Bani Saleh sebagai sebuah kekuatan yang besar serta untuk menjadi sarana pertukaran informasi, pertukaran antar mahasiswa, pengembangan pola pikir, daya nalar dan kreativitas mahasiswa yang diharapkan bermanfaat untuk mahasiswa.

“Program Studi Keperawatan maupun STIKES Bani Saleh sehingga kegiatan ini akan menjadi modal bagi mahasiswa untuk menjalankan peranya kembali sebagai elemen masyarakat yang melakukan perubahan sebagai Agent Of Change serta dalam ajang silaturahmi antar Perguruan Tinggi,” ucap Shinta saat mengakhri perbincangan. (ais/dhi)

Komentar Facebook