Beranda Cikarang Didominasi Emak-emak, Ratusan Warga Cikarang Geruduk PT Frisian Flag, Ada Apa?

Didominasi Emak-emak, Ratusan Warga Cikarang Geruduk PT Frisian Flag, Ada Apa?

Warga geruduk pt frisian flag cikarang
Ilustrasi unjuk rasa. (Ist)

BEKASI – Ratusan warga beramai-ramai geruduk PT Frisian Flag yang berlokasi di Greenland Internasional Industrial Center (GIIC), Desa Sukamahi, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi.

Massa pengunjuk rasa yang diisi mayoritas emak-emak ini, menyampaikan tuntutan agar perusahaan lebih memberdayakan warga setempat.

Pasalnya, selama ini perusahaan dinilai abai terhadap keberadaan warga setempat. Termasuk saat warga meminta akses pekerjaan di perusahaan produsen susu tersebut.

Baca juga: Suami Dipanggil KPK, Zaskia Gotik Jual Rumah di Cikarang, Harganya Bikin Terheran-heran

“Hari ini warga kami serentak berbondong-bondong datang untuk melakukan aksi damai, agar perusahaan peduli dan memperdayakan masyarakat sekitar, khususnya di bidang ekonomi dan kita jangan mau dijadikan penonton saja,” ucap salah seorang peserta aksi, Ratu Salamah, dikutip Selasa, 28 November 2023.

Ia menegaskan, bahwa pihak perusahaan jangan lagi menutup diri, dan harus memberikan kontribusinya kepada masyarakat. Minimal membuka akses kerjasama dengan warga setempat.

Tak berselang lama, beberapa perwakilan warga didampingi pihak kepolisian diajak mediasi dengan pihak perusahaan.

Hasilnya, pihak perusahaan berjanji akan memberikan kontribusi terhadap warga sekitar.

Baca juga: Buruh Boleh Demo Jika Tak Puas Kenaikan UMP Jabar 2024, Bey: Asal Tidak Anarkis

“Alhamdulillah pada hari ini sudah diterima dan ada kepastian dari pihak pengembang disaksikan Kapolsek bahwa dia akan berbagi dengan masyarakat,” ujar Salamah.

Namun ia menegaskan, jika sampai perjanjian yang sudah disepakati urung direalisasikan perusahaan, maka warga mengancam akan mengerahkan massa yang lebih besar. (*)