Beranda Karawang Dukung Kebersihan Lingkungan, Pupuk Kujang Berikan Bantuan Mobil Pikap untuk Bank Sampah...

Dukung Kebersihan Lingkungan, Pupuk Kujang Berikan Bantuan Mobil Pikap untuk Bank Sampah di Karawang

Bantuan mobil pupuk kujang
PT Pupuk Kujang Cikampek menyerahkan bantuan 1 unit mobil pikap kepada Bank Sampah La Tanza di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

KARAWANG – PT Pupuk Kujang Cikampek menyerahkan bantuan 1 unit mobil pikap kepada Bank Sampah La Tanza, suatu lembaga yang bergerak di bidang lingkungan dan kebersihan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Bantuan diserahkan langsung oleh Ade Cahya, Sekretaris Perusahaan dan Tata Kelola Pupuk Kujang dan diterima oleh Iis Sugiarti, Direktur Bank Sampah La Tanza, Selasa, 22 Agustus 2023.

“Bantuan CSR ini merupakan aksi nyata dukungan Pupuk Kujang dalam kebersihan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Ade usai menyerahkan bantuan tersebut.

Baca juga: HUT ke-78 RI, Katalis Merah Putih Jadi Persembahan Pupuk Kujang untuk Negeri

Ade menuturkan, bantuan mobil pikap ini melengkapi sejumlah bantuan yang telah diberikan sebelumnya yaitu 2 unit becak motor, perangkat kantor dan berbagai peralatan pendukung untuk membersihkan lingkungan.

Iis Sugiarti menuturkan mobil pick up tersebut akan digunakan sebagai armada pendukung untuk mengangkut sampah di berbagai wilayah di Karawang. Iis menuturkan, La Tanza memiliki 4 ratus orang relawan yang tersebar di berbagai wilayah Karawang. “Berbagai sampah ini kita daur ulang dan bisa menghasilkan berbagai barang yang bermanfaat seperti tas, batako bahkan menjadi uang,” ujar wanita yang akrab dipanggil Jois ini.

Dalam mengelola sampah, ujar Jois, pihaknya telah melakukan berbagai cara, mulai dari menarik sampah dari masyarakat hingga menukarnya menjadi uang, menjadi tunjangan hari raya, menjadi sembako bahkan hingga membayar pajak kendaraan bermotor.

“Masyarakat yang menjadi nasabah kami bisa menyetorkan sampah dan mendapat keuntungan mulai dari uang, sembako, pulsa, kuota internet, hingga melunasi pajak kendaraan bermotor mereka,” kata Jois.

Untuk menunjang berbagai layanan tersebut, Jois mengembangkan sebuah aplikasi bank sampah.

“Dalam aplikasi tersebut tercantum data berapa banyak saldo yang dimiliki setiap nasabah. Semakin banyak menyetorkan sampah semakin banyak uang yang mereka dapatkan,” ujar Jois.

Baca juga: Lewat Penggunaan PLTS Atap, Pupuk Kujang Bisa Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca hingga Ratusan Ton

Pada akhirnya, ujar Jois, berbagai layanan tersebut, punya tujuan untuk mewujudkan kebersihan lingkungan dan menjaga ekosistem. “Disamping aspek lingkungan, berbagai program ini juga punya dampak ekonomi yang lumayan,” kata Jois.

Saat ini, Bank Sampah La Tanza telah bergerak selama delapan tahun. Jois mengungkapkan La Tanza terus berkembang dan telah memiliki 700-an orang nasabah yang tersebar di Karawang.

Setiap hari, ujar Jois, para relawan menyisir setiap sudut Cikampek untuk melakukan operasi pembersihan sampah. Selain itu, La Tanza juga aktif melakukan kampanye ihwal kebersihan dan cara mengelola sampah menjadi bermanfaat dan punya nilai tambah.

“Dalam sekali operasi, kami bisa mengangkut sampah dengan volume 5 kuintal. Karena itu, bantuan mobil pikap dari Pupuk Kujang bisa sangat membantu kami,” kata Jois. (*)