Beranda Headline Hadiri Pelantikan Ketua DPD Golkar Purwakarta, 13 Camat Dipanggil Bergiliran oleh Bawaslu 

Hadiri Pelantikan Ketua DPD Golkar Purwakarta, 13 Camat Dipanggil Bergiliran oleh Bawaslu 

Camat dipanggil bawaslu purwakarta
Kantor Bawaslu Purwakarta.

PURWAKARTA – Sebanyak 13 Camat dipanggil Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Purwakarta lantaran menghadiri pelantikan Ketua DPD Golkar Purwakarta, Anne Ratna Mustika di Kecamatan Wanayasa belum lama ini.

Dari 13 Camat yang hadir dalam pelantikan Anne Ratna Mustika sebagai Ketua DPD Golkar Purwakarta, Bawaslu menjadwalkan 4 Camat dipanggil ke Kantor Bawaslu hari ini, Kamis, 14 September 2023.

“Hari ini kita panggil 4 Camat yang hadir pada saat pelantikan untuk diminta keterangannya,” jelas Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Purwakarta, Siti Nurhayati.

Baca juga: Imbas Kemarau Panjang, Debit Air Waduk Jatiluhur Purwakarta Menyusut hingga 10 Meter

Keempat camat yang dipanggil hari ini di antaranya Camat Wanayasa, Pondok Salam, Kiara Pedes dan Babakan Cikao.

“Camat Wanayasa, Pondok Salam, Kiara Pedes dan Babakan Cikao, yang menurut informasi kita terima ada 13 Camat, jadi pemanggilan bergiliran,” imbuhnya.

Saat ini, kata dia, Bawaslu masih perlu mendalami motif kedatangan mereka dalam pelantikan tersebut. Jika pun ada dugaan pelanggaran, maka itu dikembalikan kepada kebijakan pemerintah daerah.

“Belum bisa kami berikan hasilnya karena baru diminta keterangannya, kalau untuk ASN memang ada peraturannya, jadi kan harus benar telaahnya, jangan berasumsi dan jangan sampai salah juga,”paparnya.

“Kalaupun ada dugaan pelanggaran kita kembalikan kepada pemerintah daerah,” pungkasnya.

Sementara, Camat Babakan Cikao, Rustam Arifin saat dihubungi membenarkan adanya pemanggilan dari Bawaslu.

Baca juga: Permohonan Kasasi Ditolak MA, Anne Ratna Mustika dan Dedi Mulyadi Resmi Bercerai

Ia menegaskan, kehadirannya dalam pelantikan Anne Ratna Mustika tidak lebih hanya untuk memenuhi undangan.

“Saya menjelaskan bahwa kehadiran saya hanya sebagai undangan, dan tidak pernah ada menggunakan atribut apapun,”jelasnya.

“Undangan resmi ada, dan untuk 17 Camat, namun yang hadir dalam kegiatan tersebut hanya 13 Camat saja,” ucapnya singkat. (*)