Beranda Purwakarta Hindari Tahanan Kabur, Polres Purwakarta Cek Rutan Secara Berkala

Hindari Tahanan Kabur, Polres Purwakarta Cek Rutan Secara Berkala

Rutan polres purwakarta
Polres Purwakarta melakukan pengecekan rutan secara intensif demi menghindari tahanan kabur.

PURWAKARTA – Guna memastikan tidak adanya insiden tahanan kabur, Polres Purwakarta melakukan pengecekan ke ruang tahanan (rutan) secara intensif.

Kegiatan pengecekan ke dalam rutan ini dipimpin langsung Wakapolres Kompol Ahmad Mega Rahmawan belum lama ini.

Dikatakannya, pengecekan ini dilakukan untuk memantau secara langsung kondisi ruang tahan dan memastikan penghuninya dalam kondisi sehat serta lengkap.

Baca juga: Gunung Bongkok Purwakarta Kebakaran, BPBD Ungkap Kronologi dan Penyebabnya

“Pengecekan ini dilaksanakan dengan tujuan dapat mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti tahanan kabur dan sebagainya,” ucap Mega dalam keterangannya, Senin, 28 Agustus 2023.

Ditegaskannya, kontrol tahanan ini wajib dilaksanakan oleh setiap petugas piket jaga, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan piket jagapun wajib mengontrol baik kesehatan maupun ruangan sel itu sendiri.

Selain itu, lanjut dia, pengecekan ruang tahanan tersebut juga rutin dilakukan secara mendadak untuk memastikan agar petugas selalu waspada terhadap semua kemungkinan.

Baca juga: Disebut Terima Gratifikasi hingga Ratusan Juta dari Dua Perusahaan, Kades Neglasari Purwakarta Bungkam

“Setelah kita cek tadi, jeruji besi dan juga ventilasi ruang tahanan dalam kondisi bagus, sehingga tidak perlu perbaikan. Tapi pengecekan mendadak akan terus dilakukan,” imbuhnya.

Ia meninta agar petugas jaga tahanan meningkatkan kewaspadaan dan melakukan kontrol tahanan setiap saat. “Kemudian jaga kebersihan serta perhatikan makan dan olahraga tahanan sehingga para tahanan tidak berpikiran macam-macam selama ditahan,” tandasnya. (*)