Beranda Regional Kontruksi Turap Lemah, Tanggul BTT 11 A Cikampek Jebol

Kontruksi Turap Lemah, Tanggul BTT 11 A Cikampek Jebol

CIKAMPEK, TVBERITA.CO.ID- BTT 11 A Cikaranggelam jebol sekitar pukul 09:00 WIB, Minggu(14/1). Jebolnya tanggul BTT 11,A menjadi tontonan masyarakat sekitar.

Menurut Fembri Manager PJT II wilayah III, kondisi debit air irigasi Tarum Timur semula 37.5 setelah koordinasi dengan penjaga pintu PJT II Curug Karawang kemudian debit air sudah di nolkan.

“Berbahya jika tidak di nolkan karena akan melebar jebolan tanah irigasi Tarum Timur. Akan berdampak banjir besar di wilayah Kecamatan Tirtamulya dan sekitarnya,” ujarnya kepada KORAN BERITA, Minggu(14/1).

Dikatakan pihak PJT II sudah melakukan dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai(BBWS) serta Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Karawang guna antisipasi hal yang tidak di ingin bencana lebih besar.

“Kita sudah lakukan koordinasi dengan berbagai pihak agar siaga penuh,” tandasnya.

Sementara M.Jaenudin bagian kedaruratan BPBD Karawang mengatakan bahwa terjadinya jebol tanggul BTT 11 A diperkirakan terjadi rembasan terlebih dahulu kemudian jebol sekitar pukul 09:00,WIB.

“Kata warga sekitar yang dekat ke lokasi bahwa jebolnya sekitar pukul 09:00 WIB,” katanya.

Dikatakan, untuk penangangan jebolnya tanggul akan segera ditangani.”Nanti dari pihak PJT II yang akan tangani jebolnya tanggul tersebut,” katanya.

Ia menghimbau kepada warga yang melihat jebolnya tanggul tidak terlalu dekat dengan lokasi. Dikuatirkan tergerakan tanah akibat tergerusnya air dari Irigasi Tarum Timur.

“Jangan terlalu dekat dengan lokasi jebolnya tanggul. Karena berbahaya terjadinya pergeseran tanah,” ucapnya.

Adanya tanggul yang jebol kata Ade warga sekitar Dawuan Tengah Cikampek. Supaya para dinas terkait melakukan perbaikan segera. Sebab jika dibiarkan lama maka lahan pertanian dan pemukiman warga di Kecamatan Tirtamulya terkena dampaknya.

“Air itu mengalir ke wilayah Tirtamulya. Bahaya jika dibiarkan tanpa segera penanganan,” singkatnya.(dej/ris)