Beranda Regional Lomba Skill Competition Se-Jabar, PT SPV Raih Juara I dan III

Lomba Skill Competition Se-Jabar, PT SPV Raih Juara I dan III

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Sedikitnya 12 Kabupaten/Kota Se Jabar dan 9 perusahaan se Kabupaten Purwakarta mengikuti kegiatan perlombaan ketangkasan bagi petugas pemadam kebakaran dan emergency respon time dalam rangkaian HUT Damkar ke-99 yang digelar di Lapangan Sahate Kabupaten Purwakarta.

Dalam perlombaan ketangkasan yang digelar oleh Dinas pemadam Kebakaran Kabupaten Purwakarta tersebut dibuka langsung oleh Plt Bupati Purwakarta Dadan Koswara, dan para peserta yang merupakan petugas pemadam kebakaran yang kesehariannya bertugas dalam menangani kebakaran, hingga melakukan evakuasi bagi korban kebakaran dengan mengutamakan waktu yang paling cepat dalam penanganannya sampai dengan menyelamatkan korban tanpa kesalahan yang bisa saja terjadi.

Sembilan perusahaan se Kabupaten Purwakarta yang memiliki fasilitas pemadam kebakaran bersama seluruh petugasnya, mengirimkan dua team dari masing-masing perusahaan, tidak ketinggalan Team SHE (Safety Health Environment) dari PT South Pacific Viscose juga mengirimkan pesertanya dan berhasil meraih juara I dan III dengan menyisihkan perusahaan lainnya.

“Kita dari SHE PT. South Pasific Viscose kabupaten Purwakarta dalam rangkaian kegiatan HUT Damkar ke 99, mengirimkan dua team yang mengikuti perlombaan dan bersaing dengan perusahaan lain dalam penanganan kebakaran hingga menyelamatkan korban kebakaran dengan selamat,”jelas Sapta Rahmat Riyadi sebagai Emergency Response Team Leader PT SPV.

Dalam perlombaan ini, dua team yang terdiri dari empat orang per teamnya, diuji kekuatan fisiknya, mulai dengan persiapan peralatan mulai dari sepatu safety, helm, jaket, hingga alat pernafasan untuk digunakan saat terjadi kebakaran. Mendorong drum berisi air yang dilakukan satu orang, gelar selang dan menggulung selang dilakukan berdua, menyiapkan tangga hingga merangkai tangga untuk akses naik kelokasi kebakaran dan mengevakuasi korban.

“Kedua team ini juga nantinya akan melakukan pemadaman api dengan menggunakan karung basah di titik api, hingga menggunakan mobil pemadam kebakaran dan mengevakuasi korban dari mobil pemadam kebakaran, dengan menggunakan tandu dan mengevakuasi korban dengan menyelamatkannya ketempat yang aman (garis Finish),”paparnya

Perlombaan ini juga menggunakan skill kecepatan. Karena wasit sudah ada di masing-masing jalur untuk mencatat waktu yang ditempuh, dari mulai persiapan hingga evakuasi korban ketempat yang aman.

“Jadi ini memang butuh kerja keras dari kedua team SHE dari PT SPV, dan akhirnya kami mendapatkan juara ke I diraih oleh Team I dengan catatan waktu 03.56 Menit mengalahkan PT Hino dan team II meraih juara III dengan catatan waktu 04.19 menit mengalahkan PT Japva,”ujarnya.

Walaupun perlombaan seperti ini baru digelar di Kabupaten Purwakarta, tetapi team SHE PT South Pasific Viscose mampu membuktikan memberikan kerja terbaiknya dalam penanganan kebakaran yang mungkin bisa saja terjadi dalam keseharian, baik di lingkungan perusahaan maupun di lingkungan masyarakat.

“Raihan juara Team SHE PT SPV ini juga tidak terlepas dari dukungan perusahaan yang terus melakukan peningkatan dan persiapan dalam kesiapan untuk pemadam kebakaran, baik itu SDM nya, peralatan dan unit pemadam kebakarannya. Rencananya kami juga akan mengikuti perlombaan yang sama di Kalimantan, namun belum dipastikan kapan dilaksanakan. Tetapi dengan kekompakan Team dan dukungan dari perusahaan keyakinan kami akan meraih yang terbaik nantinya,”pungkasnya. (trg/ds)