Beranda Regional LPKSM Satria Pangkal Perjuangan gelar Bimtek Kelembagaan

LPKSM Satria Pangkal Perjuangan gelar Bimtek Kelembagaan

KARAWANG, Tvberita – Dalam rangka mensosialisasikan tugas pokok dan fungsi sesuai UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, Pengurus Besar Lembaga Pelindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Satria Pangkal Perjuangan menggelar Bimbingan Teknis Kelembagaan di Dewi Air, Jl Interchang Kabupaten Karawang, Jum’at (19/11/2021)

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Divisi Hukum Mabes Polri dengan perwakilannya dari kasubag Luhkumas, biro Kermaluhkum, Bapak Ajun komisaris besar polisi Susanto SH MH dan para aktivis LPKSM Satria Pangkal Perjuangan.

Bimtek tersebut mengusuny tema peraturan polisi Nomor 8 Tahun 2021 tentang penanganan tindak pidana berdasarkan keadilan restoratif (restorative Justice).

Ketua LPKSM Satria Pangkal Perjuangan, Gunawan S.H, menyampaikan bahwa bimbingan teknis kelembagaan aktivis tersebut diselenggarakan setiap bulannya oleh pengurus besar dengan sumber dana Swadaya dari Koperasi Syariah Satria Pangkal Perjuangan.

“Biasanya pengurus besar LPKSM Satria pangkal perjuangan datang ke kantor-kantor LPKSM Satria yang berada ditiap Kabupaten atau tiap kota di seluruh Indonesia, untuk menyelenggarakan bimbingan ini” ucap Gunawan.

Gunawan juga berharap dengan diadakannya Bimtek kelembagaan ini agar aktivitas lpksm Satria pangkal perjuangan dapat melaksanakan tugas pokoknya.

“Sebagaimana diatur dalam Pasal 44 ayat 3 huruf a sampai dengan huruf e UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan Peraturan Pemerintah Nomor 59 tahun 2021 tentang LPKSM,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH) LPKSM Satria Pangkal Perjuangan, Eris Suriana S.H,.M.Ci menambahkan pada tahun 2018 LPKSM Satria pangkal perjuangan telah membangun Pusdiklat lamping galeus mestika di Gunung cipaga Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang, dan saat ini telah melahirkan 14 orang advokat dan 7 orang mediator.

“Pada tanggal 1 Oktober 2002 satu pengurus besar lpksm Satria pangkal perjuangan telah meresmikan kantor lembaga konsultasi dan bantuan hukum di Karawang dengan alamat Jalan Amarta nomor 1 kelurahan palumbonsari kecamatan Karawang Timur kabupaten Karawang,” terangnya

Dikatakan Eris paling lambat pada bulan 2022 pengurus besar LPKSM Satria pangkal perjuangan akan menempati kantor baru nya di rolling Hills Jalan Kapal Api 2 Nomor 53 Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur kabupaten Karawang. (ddi)