Beranda Health RSUD Karawang Buka Layanan Kemoterapi, Bisa Pakai BPJS

RSUD Karawang Buka Layanan Kemoterapi, Bisa Pakai BPJS

Layanan kemoterapi rsud karawang
Kepala Bidang Penunjang Medik RSUD Karawang, Kurniasih.

KARAWANG – Kabar baik bagi masyarakat Karawang, saat ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karawang telah membuka layanan terbaru kemoterapi.

Kepala Bidang Penunjang Medik RSUD Karawang, Kurniasih menyampaikan, baru-baru ini RSUD Karawang untuk pertamakalinya membuka pelayanan kemoterapi dan sudah tercover BPJS.

Ia menyebutkan, pelayanan kemoterapi termasuk langka karena tidak semua RSUD mempunyai pelayanan ini.

Baca juga: Ketika Puluhan Penderita Nyeri Kronis Bisa Berobat Gratis di RSUD Karawang

“Kemo termasuk langka, karena memang ini pelayanan yang memiliki persyaratan khusus yang harus dilengkapi seperti ruang racikan obat khusus, ruang kemo khusus dan dokter onkologi yang juga langka,” ujarnya saat diwawancarai pada Kamis, (6/7).

Karena perdana, kata Kurniasih, sementara pelayanannya baru terbuka untuk pasien di wilayah Purwakarta, Subang, Karawang (Purwasuka) dan Bekasi.

“Alhamdulillah semua fasilitas telah lengkap dan BPJS juga sudah ACC. Kami prioritaskan untuk masyarakat Karawang,” katanya.

Terkait prosedur, ia memaparkan, pasien tidak bisa langsung mendapat tindakan kemo karena harus melewati proses pendiagnosaan (panjang) terlebih dahulu hingga diketahui pasti penyakitnya.

“Prosesnya sekitar 2 Minggu sampai 1 bulan, ada beberapa pemeriksaan kayak lab, radiologi hingga pemeriksaan jantung,” paparnya.

Baca juga: Ratusan Penderita Katarak Jalani Operasi Gratis di RSUD Karawang

Pelayanan ini dibuka dengan harapan bisa membantu masyarakat agar tidak perlu dirujuk ke RS besar dan mendapat keringanan dari cover BPJS.

Diketahui saat ini telah ada 4 data di poli dan satu 1 pasien telah terjadwal.

“Selama ini kan pasien kanker itu dirujuk ke RS besar, harus ngantri dan butuh biaya besar, belum lagi ongkosnya. Dengan pelayanan kemo di sini, berharap masyarakat Karawang terfasilitasi jadi enggak usah dirujuk-rujuk,” tutupnya.

Pelayanan dibuka untuk umum dan BPJS setiap hari Sabtu pukul 09.00 – 12.00 WIB. Untuk pendaftarannya dibuka pukul 08.00 – 10.00 WIB. (*)