Beranda Headline Sekda Karawang Kecewa Banyak Pedagang Minggat dari Pasar Proklamasi, Minta PT VIM...

Sekda Karawang Kecewa Banyak Pedagang Minggat dari Pasar Proklamasi, Minta PT VIM Jangan Ngeyel

Sekda karawang pasar proklamasi
Sekda Karawang, Acep Jamhuri.

KARAWANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang, Acep Jamhuri mengomentari ramainya keluhan pedagang Pasar Proklamasi Rengasdengklok, Karawang yang terancam diusir dari kios dan memilih kembali berjualan di pasar lama.

Acep menegaskan, Pasar Proklamasi saat ini tidak lagi dikelola oleh pihaknya, melainkan oleh PT Visi Indonesia Mandiri (VIM) selaku pihak pengembang.

Karenanya ia mengingatkan agar PT VIM bisa mengambil keputusan secara berkeadilan, utamanya mengenai nasib pedagang yang kesulitan membayar los dan kios.

Baca juga: Tak Kuat Bayar Kios, Pedagang Pasar Proklamasi Ramai-ramai Pindah ke Tempat Lama

“Kita harus mengakomodir bagaimana pedagang yang mampu, setengah mampu dan tidak mampu. Kalau yang tidak mampu, ya jangan samakan perlakuannya dengan yang mampu dipaksa harus bayar los,” ujar Ketua Satgas Relokasi Pasar Rengasdengklok ini, Selasa (1/8/2023).

Terlepas dari koperasi pedagang yang saat ini belum tuntas, ia meminta agar pihak pengelola bisa mencari solusi supaya pedagang yang direlokasi tidak merasa dirugikan.

“Itu kan masalah koperasi belum selesai karena koperasi kita permodalannya belum siap, artinya dengan berbagai cara VIM harus mengakomodir, kan skenarionya pemindahan, kita udah tekankan tadi terlepas ada koperasi ada Bi checking bemasalah, bagaimana dia harus mencari solusi,” paparnya.

Baca juga: Koperasi Pedagang Pasar Rengasdengklok Sulit Direalisasi, Dinkop Nunggu Solusi Bupati Karawang

“Jangan ngeyel, jangan manja, dikit-dikit minta bantuan pemda, selesaikan dengan berkeadilan, kita mau seperti itu,” sesalnya.

Dalam waktu dekat, Acep berjanji akan menemui kelompok pedagang untuk mencari solusi terkait kepastian mereka berdagang. “Nanti saya ingin ketemu kelompok pedagang, seperti apa maunya mereka,” tandas dia.