Beranda Bekasi Tanamkan Kepedulian Berkurban, SMA Korpri Bekasi Berikan Pendidikan Sembelih Hewan untuk Siswa

Tanamkan Kepedulian Berkurban, SMA Korpri Bekasi Berikan Pendidikan Sembelih Hewan untuk Siswa

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID – Momentum Hari Raya Idul Adha 1440 H, seluruh siswa SMA Korpri Bekasi kompak untuk turun dan dilatih cara menyembelih hewan kurban dengan baik sesuai syariat Islam. Pemotongan hewan kurban berlangsung di lapangan sekolah SMA Korpri Bekasi Timur, Senin pagi (12/08/2019).

 

Wakil Kepala SMA Korpri Bidang Kesiswaan, Bujang, menyampaikan, kegiatan ini guna memberikan bekal kepada siswa terkait bagaimana tatacara menyembelih hewan kurban dengan baik.

“Seluruh siswa kita libatkan dan diberikan materi dan praktek cara menyembelih hewan korban dengan baik. Ini agar saat mereka terjun di masyarakat untuk meyembelih hewan kurban nanti sudah paham dan bisa bermanfaat, serta bisa meningkatkan keimanan siswa,” ungkap Bujang kepada tvberita.co.id.

Sebelum pelaksanaan sembelih, hadir Kepala Sekolah, Wakesek, para guru dan siswa berkumpul di lapangan turut melantunkan ayat suci dan menyaksikan penyembelihan hewan kurban yang dibimbing oleh guru dan penyembelih hewan tersebut.

“Kita berharap, ini dapat membantu siswa dalam mempraktikkan cara menyembelih hewan kurban yang sesungguhnya di lingkungan masyarakatnya nanti,” tuturnya.

Bujang menambahkan, dalam kegiatan berkurban di hari raya Idul Adha ini sudah rutin dilakukan setiap tahunnya. Tahun 2019 ini, SMA Korpri Bekasi berkurban 5 ekor sapi, satu ekor merupakan swadaya dari seluruh siswa dan 4 ekor sapi swadaya dari para Kepsek, wakesek dan para guru.

“Alhamdulilah, hewan kurban tahun ini bertambah, empat ekor sapi merupakan swadaya dari para guru, dan satu sapi swadaya dari seluruh siswa ikut andil dalam berkurban,” tutur Bujang.

Lebih lanjut ia memaparkan, adapun target daging kurban tersebut ialah 600 daging yang akan didistribusikan kepada masyarakat lingkungan SMA Korpri Bekasi seperti, tukang ojek, tukang becak, dan lainnya.

“Dari proses menyembelih, memotong daging hewan, dan mendistribusikannya kepada warga, semuanya seluruh siswa yang mengerjakan. Hal ini juga sekaligus untuk mendidik kepada siswa agar lebih memahami makna berkurban,” jelasnya. (ais/kie)

Komentar Facebook