Beranda Bekasi Wisata Situ Rawa Gede di Bojong Menteng Bakal Dikembangkan Jadi Ikon Pariwisata

Wisata Situ Rawa Gede di Bojong Menteng Bakal Dikembangkan Jadi Ikon Pariwisata

TVBERITA.CO.ID – Destinasi wisata Situ Rawa Gede yang berlokasi di Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi menjadi pilihan untuk dijadikan penelitian dosen mahasiswa jurusan Manajemen Magister (S2) Perguruan Tinggi Swasta Universitas Bhayangkara Jakarta Raya-Bekasi sebagai Tridarma pengabdiannya pada masyarakat.

“Setelah diresmikannya wisata Situ Rawa Gede ini oleh Pemerintah Kota Bekasi, mimpi saya ingin di Kota Bekasi banyak destinasi wisata yang banyak dikenal oleh para tamu daerah. Bila perlu, semua wisata di Kota Bekasi menjadi ikon agar perekonomiannya maju pesat, karena kalau semua tidak jadi ikon, otomatis perekonomian wisata lain akan mati,” ungkap salah satu mahasiswi jurusan Magister Manajemen (S2) Wiwiek Hargono saat dikonfirmasi Tvberita, Minggu (30/8/20).

Saat melakukan penelitiannya dan berbincang dengan KPPL sebagai pengelola Destinasi Wisata Situ Rawa Gede, Rawa Lumbu. Selain menjadi mahasiswi jurusan Magister Manajemen, Wiwiek yang sekaligus istri Wakil Walikota Bekasi ini memiliki tugas dan amanah untuk mendorong dan mendukung dalam memajukan UMKM, khususnya UMKM Pariwisata di Kota Bekasi.

“Bicara tugas kampus, tentunya ini akan menjadi bahan penelitian yang bagus dan jadi laporan ke Kemendikti, dan saya ini juga sebagai istri dari Wakil Walikota Bekasi, selaku pembina UMKM , tentunya punya kewajiban untuk mendorong agar UMKM pariwisata Kota Bekasi juga bisa berkembang dan banyak dikunjungin oleh wisatawan lokal maupun wisatawan Internasional,” jelasnya.

Sebelum dikenal sebagai destinasi wisata alam seperti saat ini, Situ Rawa Gede memiliki warna air yang keruh karena dahulunya menjadi tempat pembuangan limbah. Selain itu kurangnya kesadaran masyarakat yang membuang sampah di danau kawasan situ terlihat sangat kumuh dan tidak terawat.

Wiwiek semakin tertarik dan menantang untuk mengembangkan penelitian pariwisatanya, yang didampingi oleh Dosen Magister Manajemen Ubhara Jaya-Bekasi, Zahara T Rony, bahwa promosi adalah bagian dari visi utama yang harus disusun oleh KPPL selaku pengelola wisata Situ Rawa Gede.

Ketua KPPL Kota Bekasi, Kridayadi, merupakan kelompok pemuda peduli lingkungan Situ Rawa Gede yang berlikasi di RW 02, Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu memamparkan terkait volume pengunjung, jika di hari biasa pengunjung 100 sampai 200 orang, namun jika hari libur seperti saat ini libur cuti bersama bisa sampai 700 pengunjung untuk sekadar menikmati alam lokasi wisata Situ Rawa gede ini dengan luas 7 hektare, dan kedalaman 2 sampai 4 meter. (ais/fzy)