Beranda Health 3 Tips Cara Mencegah Kecanduan Game Online Pada Anak

3 Tips Cara Mencegah Kecanduan Game Online Pada Anak

Anak kecanduan Game online
Ilustrasi Anak Main Game Online (Foto: Istock/net.)

TVBERITA.CO.ID – Masa kanak-kanak adalah masa untuk tumbuh bermain dan tidak memungkiri adanya kemajuan teknologi menjadikan mereka ikut merasakannya.

Salah satunya adalah menikmati permainan game online yang banyak diminati oleh anak-anak karena menawarkan banyak jenis permainan yang menyenangkan.

Memang saat anak bermain game online ini bisa dibilang adalah sah-sah saja, selama masih dalam batasan yang wajar.

Baca juga: Mau Jago Public Speaking? Hindari 4 Kata ini, Yuk Simak

Akan tetapi, jangan sampai mereka kecanduan game online karena hal ini tentu bisa memberikan dampak buruk dan penting bagi para orangtua untuk mengawasi dan memberikan batasan kepada anak dalam mengakses game online.

Seperti dirangkum dari telemed.ihc.id, berikut beberapa cara mencegah anak kecanduan game online.

1. Melakukan terapi perilaku kognitif
Psikolog
Ilustrasi Psikolog Anak (Foto: Istock/net.)

Para orang tua juga bisa mencoba untuk melakukan terapi perilaku kognitif dalam rangka membatasi perilaku adiktif pada anak dan membantu mereka mengatasi kecanduan game online yang lebih parah.

Baca juga: 3 Tips Sederhana Manajemen Waktu Agar Lebih Efektif dan Teratur

Kemudian orang tua bisa meminta kepada psikolog untuk merujuk kepada terapis berpengalaman dalam mengobati anak

yang kecanduan game online dengan terapi kognitif.

2. Menerapkan batasan bermain
Kecanduan game online
Ilustrasi (Foto: Istock/net.)

Para orang tua wajib memberikan batasan kepada anak seperti membatasi akses mereka dalam perangkat game dan waktu mereka ketika bermain game online.

Baca juga: Penting! Manfaat Refreshing Usai Lelah Bekerja, Simak Penjelasannya

Pasalnya, waktu ideal dalam bermain game online adalah tidak lebih dari 2 jam dalam sehari. Kemudian, jika perangkat game anak seperti komputer, Handphone atau smartphone ada di dalam kamarnya sebaiknya dipindahkan ke tempat yang cukup jauh guna mempermudah orang tua saat mengawasinya

3. Menerapkan rutinitas sehat
Baca buku
Ilustrasi Anak Membaca Buku (Foto: Istock/net.)

Saat anak sedang berada di waktu luangnya, coba untuk mengalihkan aktivitas mereka dengan kegiatan yang lebih menyehatkan ketimbang bermain game online. Terlalu lama bermain tentu akan tidak baik bagi kesehatan anak-anak.

Baca juga:6 Minuman Tinggi Kalori yang Bisa Tingkatkan Mood Kamu

Seperti misalnya aktivitas fisik yakni mengajaknya merapihkan kamar tidur mereka, melakukan olahraga ringan yang menyenangkan semisal berenang, bermain sepak bola, bermain bola basket di halaman rumah atau bisa dengan membaca buku kesukaan mereka.

Demikianlah ulasan tentang cara mencegah anak-anak untuk kecanduan game online. Semoga bermanfaat bagi para orang tua. (*)