Beranda Headline Karawang Punya 233 Petani Milenial, Diharap Jadi Pionir Kedaulatan Pangan

Karawang Punya 233 Petani Milenial, Diharap Jadi Pionir Kedaulatan Pangan

Petani milenial di karawang
Petani milenial di Karawang. Foto: dok. Istimewa

KARAWANG – Jumlah petani milenial di Kabupaten Karawang tercatat sebanyak 233 orang, 96 orang diantaranya sudah diinagurasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Subkoor Informasi dan Teknologi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Karawang, Adhari menyampaikan, 233 petani milenial Karawang terdata di dashboard Pemerintah Pusat dengan rincian 200 petani laki-laki dan 33 petani perempuan.

“Kriteria petani milenial itu syarat utamanya berusia di range 19-39 tahun. Ketika menginjak 40 tahun, secara otomatis sistem akan men-delete,” ujarnya saat diwawancarai pada Kamis, 25 April 2024.

Baca juga: Akhir Pelarian Si Lesang, Bandar Sabu di Karawang yang Dikenal Licin

Ia menerangkan, di Karawang sendiri petani paling muda berusia 21 tahun atau kelahiran 2003, dan selebihnya rata-rata kelahiran tahun 1999.

Sementara itu, dari 233 orang petani milenial terbagi ke dalam beberapa fokus komoditas seperti tanaman pangan dan holtikultura, perkebunan, peternakan, tanaman hutan dan perikanan.

Dari 5 jenis fokus komoditas, yang paling banyak digandrungi oleh petani milenial Karawang adalah jenis tanaman pangan dan hortikultura.

“Tanaman pangan dan hortikultura 60 orang, perkebunan 58 orang, ternak 57 orang, tanaman hutan 14 orang dan budidaya ikan telah kami konfirmasi ke dinas perikanan ada sebanyak 44 orang,” terangnya.

Baca juga: 10 Kurir hingga Bandar Narkoba Ditangkap Polres Karawang

Meskipun program pemberdayaan petani milenial langsung menginduk ke Provinsi, kata dia, untuk merangkul para petani milenial ini pihaknya memberikan wadah pelatihan untuk mereka mengembangkan kompetensi dan minatnya.