Beranda Hiburan 5 Rekomendasi Makanan Khas Majalengka yang Patut Kalian Coba

5 Rekomendasi Makanan Khas Majalengka yang Patut Kalian Coba

Rekomendasi Makanan Khas Majalengka (Foto: Istimewa/net.)

TVBERITA.CO.ID – Bagi kalian yang suka kulineran, Indonesia adalah surganya kuliner menarik. Pasalnya, tiap daerah memiliki makanan khas tersendiri yang unik dengan cita rasa khas.

Nah, jika kalian bingung mau mencicipi kuliner apa lagi, coba saja aneka makanan khas Majalengka ini. Terletak di provinsi Jawa Barat, Majalengka memiliki beragam santapan khas yang menggugah selera dan menyajikan cita rasa unik. Melansir infokost.id.

Penasaran dengan apa saja makanan khas dari Majalengka? Simak beberapa makanan khas Majalengka yang patut kalian santap.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kuliner Kaki Lima Paling Hits di Depok

1. Ampas Kecap
Makanan majalengka
Ampas Kecap (Foto: Istimewa/net.)

Ampas kecap adalah hidangan yang terbuat dari ampas kedelai yang didapat dari sisa olahan kecap manis. Rasanya yang manis dan gurih membuatnya menjadi hidangan yang digemari di Majalengka.

Makanan satu ini juga biasanya disajikan sebagai lauk pendamping nasi atau bisa juga dimakan sebagai camilan. Jika tertarik mencobanya, kamu bisa dengan mudah menemukannya di warung makan sekitar Majalengka.

2. Oncom Goreng
Oncom goreng
Oncom Goreng (Foto: Istimewa/net.)

Berbeda dari oncom goreng biasanya yang disajikan dalam potongan besar, makanan khas Majalengka ini mempunyai ukuran lebih kecil yang diberi bumbu khusus dan taburan bawang goreng.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kuliner Khas Tasikmalaya Wajib Kalian Santap, Rasanya Dijamin Mantap

Oncom goreng biasanya disajikan dengan nasi hangat dan lauk-pauk lainnya, seperti sayur-sayuran atau ikan.

3. Jalakotek
Kuliner khas majalengka
Jalakotek (Foto: Istimewa/net.)

Jalakotek adalah makanan khas yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan aci yang digoreng. Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya menjadi camilan favorit di Majalengka.

Jika dilihat sekilas, makanan khas Majalengka ini terlihat mirip dengan pastel. Hanya saja, isiannya bukanlah wortel, kentang, atau bihun, melainkan aci dan tahu. Jalakotek biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh khas bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

4. Tutut
Makanan khas majalengka
Turut (Foto: Istimewa/net.)

Tutut adalah makanan khas Majalengka yang berupa keong atau kerang sawah kecil yang disajikan dengan bumbu pedas.

Baca juga: 5 Rekomendasi Makanan Khas Cirebon yang Sering Diburu Pelancong

Rasanya yang segar dan gurih membuatnya menjadi hidangan yang digemari. Tutut biasanya diolah dengan cara direbus lalu disajikan dengan nasi hangat.

5. Katel
Makanan majalengka
Katel (Foto: Istimewa/net.)

Katel adalah makanan tradisional yang terbuat dari kacang kedelai muda yang diolah dengan bumbu rempah-rempah khas. Makanan ini biasanya disajikan sebagai hidangan utama, dan rasanya yang gurih dan sedikit pedas membuatnya menjadi hidangan menggugah selera.

Baca juga: 5 Rekomendasi Makanan Khas Kuningan yang Wajib Dicicipi

Itulah beberapa makanan khas Majalengka yang menggoyang lidah dan patut kalian coba ketika mengunjungi daerah ini. (*)