Beranda Headline Suara Mesin Motor Matic Kasar? Ini Cara Menghaluskannya

Suara Mesin Motor Matic Kasar? Ini Cara Menghaluskannya

TVBERITA.CO.ID – Suara mesin yang kasar memang cukup mengganggu kenyamanan saat berkendara. Selain itu, jika mesin tidak segera diperbaiki maka bisa menyebabkan kerusakan lebih parah.

Adanya suara kasar di mesin motor matic bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Namun jangan khawatir, sebab bunyi kasar tersebut bisa dihilangkan dengan sejumlah cara.

Lantas, bagaimana cara menghaluskan suara mesin motor matic? Simak penjelasannya secara lengkap dalam artikel ini. Melansir detikoto.

Baca juga: Efek Telat Ganti Oli Motor, Nomor 3 Bikin Kantong Jebol

1. Melakukan Servis Secara Rutin

Cara menghaluskan suara mesin motor matic yang pertama, sebaiknya lakukan servis motor secara rutin. Pada umumnya, servis rutin meliputi penggantian oli mesin, membersihkan CVT, hingga membersihkan injektor.

Bukan rahasia umum lagi jika sepeda motor yang jarang diservis dapat menimbulkan sejumlah kerusakan, salah satunya menyebabkan suara berisik di bagian mesin. Untuk itu, lakukan servis motor secara berkala.

Baca juga: Tips Membersihkan Kaca Mobil Buram Setelah Hujan

2. Cari Baut yang Kendur

Penyebab suara mesin motor menjadi kasar mungkin disebabkan adanya baut yang kendur. Untuk itu, cobalah cari baut yang mengendur dan kencangkan.

Baut dapat kendur karena terjadi getaran saat motor dikendarai di jalan atau bisa juga disebabkan karena motor sering melewati jalan yang berlubang.

3. Pakai Bahan Bakar yang Sesuai

Penggunaan bahan bakar yang berkualitas juga dapat mempengaruhi performa mesin motor matic. Jika kualitas bensin yang digunakan bagus, hal ini membuat suara mesin terdengar halus.

Baca juga : Pelan Tapi Pasti, IKM Otomotif Bersiap Menyambut Era Elektrifikasi Kendaraan

Selain itu, pilih bahan bakar dengan angka oktan yang sesuai dengan kompresi mesin motor. Cara ini dilakukan agar performa mesin tetap optimal.

4. Ganti Roller dengan yang Baru

Roller pada CVT motor matic berfungsi untuk memberikan tekanan pada pulley agar dapat bergerak. Nah, seiring masa pemakaian roller juga bisa mengalami kerusakan sehingga cepat aus.

Baca juga: Kenapa Setir Mobil Harus Lurus Saat Parkir? Ini Alasannya

Ketika roller sudah rusak, hal ini dapat menyebabkan akselerasi motor menjadi kurang bertenaga. Selain itu, roller yang sudah aus dapat menyebabkan suara kasar di bagian mesin.

Apabila suara mesin terdengar kasar, coba cek komponen roller di bagian CVT. Jika roller sudah nampak aus maka sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

5. Mengendarai Motor dengan Baik dan Benar

Apakah kalian sering menggeber-geber sepeda motor saat di jalan? Jika iya, sebaiknya hal tersebut jangan dilakukan lagi. Ajang pamer tersebut ternyata malah membuat mesin jadi cepat rusak dan bunyinya kasar.

Baca juga: Beroperasi 24 Jam, Pabrik di Karawang Ini Produksi 30 Ribu Ban Setiap Harinya

Agar suara mesin motor matic tetap halus, sebaiknya kendarai sepeda motor dengan pelan dan aman.

Selain menjaga mesin agar tak mudah rusak, cara tersebut juga dapat memberikan keselamatan baik untukmu dan orang lain. (*)