Beranda Technology Harga Komoditas Bahan Pokok dan Sayuran Mulai Naik

Harga Komoditas Bahan Pokok dan Sayuran Mulai Naik

CIANJUR, TVBERITA.CO.ID- Menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 sejumlah komoditas bahan pokok dan sayuran di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai mengalami kenaikan, Senin (11/12/2017).

Meskipun menjadi hal yang biasa setiap memasuki perayaan hari besar keagamaan maupun nasional, namun tetap kenaikan harga sejumlah komoditas itu dikeluhkan masyarakat, terutama para ibu rumah tangga.

Seperti yang diungkapkan Dinda Rendigariany (32), seorang ibu rumah tangga yang mulai mengeluhkan dengan naiknya sejumlah harga komoditas bahan pokok dan sayuran.

Dinda menyebutkan, pemerintah harus bergerak cepat mengantisipasi terjadinya kenaikan harga tersebut di pasaran. “Sekarang sudah mulai naik, mulai dari bahan pokok seperti minyak goreng, gula pasir, dan sayuran meskipun kenaikannya tak begitu tinggi,” kata Dinda, kepada wartawan, Senin (11/12/2017).

Sementra itu, kenaikan harga komoditas sayuran di Pasar Induk Pasirhayam juga dikarenakan kondisi cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Seperti, tomat dan bawang daun yang harganya kini mencapai Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu per kilogram.

“Untuk komoditas tomat dan bawang daun, naik karena pasokannya sedikit karena beberapa daerah mengalami gagal panen akibat kondisi cuaca yang buruk,” ungkap Ari Junaedi, seorang pedagang sayuran di Pasar Induk Pasirhayam.

Kenaikan terjadi bukan hanya karena cuaca yang tidak mendukung dan pasok barang menjadi susah di dapat, namun harga yang diberikan oleh petani pun juga naik. Oleh karena itu bukan tanpa alasan para pedagang menaikan harga sayuran yang dijualnya.

“Alhamdulillah untuk pasok barang walupun sulit, tapi tetap memadai dan lancar,” papar Adan Sadili Salah satu pedagang lainnya di Pasar Induk Cianjur Senin (11/12/2017).

Akan tetapi, ada juga bahan sayuran yang harganya tetap dan tidak ikut naik seperti kentang dan Bawang merah ataupun bawang putih, “ Kalau dari kentang sama bawang pas natal dan tahun baru sih tetap aja bahkan turun,” ucapnya.(*)