Beranda Headline Pasangan Yesi-Gina Diprediksi Jadi Lawan Berat Cellica

Pasangan Yesi-Gina Diprediksi Jadi Lawan Berat Cellica

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Pasangan Yesi Karya Lianti dan Gina Swara diprediksi akan mampu menyaingi bupati Karawang incumbent Cellica Nurachadiana dalam Pilkada Karawang 2020 mendatang.

Pengamat Komunikasi Politik, Adiyana Slamet mengatakan, isu komparasi gender dalam pilkada ini dibutuhkan.

“Incumbent (Cellica) ini kan perempuan dan yang cuma bisa mengimbangi itu ya perempuan lagi. Ini dalam artian, jika Yesi dan Gina bersatu, isu gender ini tidak lagi didominasi Cellica,“ kata Adiyana.

Adiyana melanjutkan, dari sisi partai politik yang mengusung masing – masing bakal calon (Yesi dan Gina) juga sangat diuntungkan.

“Di Karawang ini kan sebenarnya basis pemilihnya nasionalis. Tinggal maksimalkan mesin partai, sayap partai dan tokoh-tokoh Karawang dengan menawarkan kebijakan-kebijakan yang menguntungkan rakyat” tambah Adiyana.

Menurut kandidat Doktor Universitas Pandjadjaran (Unpad) ini, jika komunikasi politik menemui titik temu dan terjadi koalisi antara PDI Perjuangan (mengusung Yesi) dan Gerindra (mengusung Gina), dimungkinkan akan terjadi pertarungan head to head (dua pasangan calon) di Pilkada Karawang. Pertarungan ini juga akan diprediksi sangat sengit, karena isu-isu yang ditawarkan terlebih isu gender akan berimbang

“Kalau head to head (antara pasangan Yesi dan Gina melawan Cellica) akan menjadi pertarungan politik yang sangat sengit. Koalisi PDI Perjuangan dan Gerindra yang sedang dibangun pak Jokowi di tingkat nasional juga kan akan bisa dibangun di Karawang. Tidak ada yang tidak mungkin dalam politik. Peluang itu ada,” jelas akademisi Unikom Bandung ini.

Sebelumnya, Yesi Karya Lianti telah resmi mendaftar ke PDI Perjuangan Jabar sebagai bakal calon bupati/wakil bupati Karawang. Gina Swara juga diketahui tinggal menunggu sinyal DPP Gerindra untuk maju dalam kontestasi Pilkada Karawang 2020. Tidak berbeda dengan dua figur itu, dengan menggunakan kendaraan politik partai Demokrat, Cellica Nurachdiana yang saat ini menjabat bupati Karawang, juga diisukan akan kembali maju bertarung memperebutkan kursi orang nomor satu di Kabupaten yang dikenal dengan kota Industri tersebut. (kb1)