Beranda Headline RSUD Karawang Wacanakan Kelas Bahasa Isyarat untuk Nakes

RSUD Karawang Wacanakan Kelas Bahasa Isyarat untuk Nakes

Rsud karawang tunarungu
Plt. Dirut RSUD Karawang, dr. Fitra Hergyana bersama komunitas tunarungu menjalin MoU untuk mengakomodir kebutuhan penyandang disabilitas.

KARAWANG – RSUD Karawang mewacanakan pelatihan bahasa isyarat untuk tenaga kesehatan (nakes) dalam memfasilitasi pasien tunarungu.

Hal itu menyusul terjalinnya nota kesepahaman atau MoU (memorandum of understanding) RSUD Karawang dengan Komunitas Tunarungu terkait peningkatan hak penyandang disabilitas.

Pelaksana tugas (Plt) Dirut RSUD Karawang, dr. Fitra Hergyana menjelaskan, pemahaman bahasa isyarat bagi nakes dinilai penting demi menghindari kesalahan dalam proses diagnosa.

“Ini perdana bagi kami. Akan segera didiskusikan dengan teman-teman lainnya. RS harus belajar dan mengerti bahasa isyarat terlebih dahulu,” jelas Fitra ke Tvberita.co.id, Rabu, (4/1/2023).

Baca juga: RSUD Karawang Miliki Cath Lab, Kini Jadi Rujukan Pasien Jantung di Jawa Barat

Mengingat, kata dia, lahirnya kerjasama kali ini karena kerap terjadinya miss komunikasi antara nakes dengan pasien disabilitas terkait proses pemeriksaan kesehatan.

“Kita sedang memulai, untuk bagaimana memberikan akses kepada para disabilitas. Intinya, kita tidak boleh membeda-bedakan. Jadi kami sangat terbuka,” ujarnya.