Beranda Headline Catat, 7 Bahaya Konsumsi Makanan Manis Berlebihan

Catat, 7 Bahaya Konsumsi Makanan Manis Berlebihan

Bahaya makanan manis berlebihan
Foto: ilustrasi makan makanan manis. (Ist)

TVBERITA.CO.ID – Makanan manis memunculkan kenikmatan tersendiri bagi lidah, tak jarang menjadi makanan favorit bagi sebagian orang.

Namun tahukah kalian, mengkonsumsi makanan manis berlebihan dapat menimbulkan bahaya berbagai risiko kesehatan yang serius.

Simak penjelasan berikut ini:

1. Obesitas

Bahaya makanan manis berlebihan
Ilustrasi obesitas. (Foto: ist)

Konsumsi berlebihan gula, terutama gula tambahan, dapat meningkatkan risiko obesitas. Makanan manis cenderung tinggi kalori dan memiliki sedikit nutrisi, yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

Baca juga: 4 Tips Mengatasi Susah Tidur Karena Cemas, Berikut Penjelasannya

2. Risiko Diabetes Tipe 2

Foto: istimewa.

Makanan manis dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Peningkatan konsumsi gula terkait dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2. Hal ini karena tubuh dapat mengalami resistensi insulin akibat paparan gula yang berlebihan.

3. Gangguan Metabolisme

Bahaya makanan manis berlebihan
Foto: istimewa.

Gula dapat mengganggu metabolisme normal tubuh. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan resistensi insulin, yang dapat mengarah pada berbagai masalah kesehatan seperti sindrom metabolik.

4. Kesehatan Jantung

Foto: istimewa.

Peningkatan asupan gula dapat berkontribusi pada faktor-faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kadar trigliserida yang tinggi, dan kadar kolesterol yang tidak sehat.

5. Kerusakan Gigi

Bahaya makanan manis berlebihan
Foto: istimewa.

Bakteri di dalam mulut menyukai gula, dan konsumsi berlebihan dapat menyebabkan pembentukan plak gigi, kerusakan enamel, dan akhirnya menyebabkan kerusakan gigi.

6. Risiko Penyakit Hati

Konsumsi gula berlebihan dapat berkontribusi pada risiko penyakit hati non-alkoholik, yang merupakan kondisi serius yang dapat berkembang menjadi sirosis.

7. Risiko Gangguan Mental

Foto: istimewa.

Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara konsumsi gula tinggi dan risiko gangguan mental seperti depresi dan kecemasan.

Mengurangi konsumsi makanan manis adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Pilihan makanan yang seimbang dan kesadaran terhadap jumlah gula yang dikonsumsi dapat membantu mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan konsumsi gula berlebihan.

Demikian 7 bahaya mengkonsumsi makanan manis berlebihan. Semoga bermanfaat. (*)