Beranda Internasional Gempa berkekuatan 7,6 Skala Richter Melanda Filipina Selatan

Gempa berkekuatan 7,6 Skala Richter Melanda Filipina Selatan

Gempa Filipina Selatan
Istimewa

MANILA – Gempa bumi dahsyat melanda Filipina selatan dengan magnitudo awal 7,6 terjadi pada Sabtu di lepas pantai Pulau Mindanao dan pihak berwenang Filipina mengeluarkan peringatan tsunami.

Gempa terjadi pada pukul 22:37 dan diukur pada kedalaman 32 kilometer (20 mil). Belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban jiwa yang melanda Filipina selatan.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan berdasarkan besaran dan lokasinya, mereka memperkirakan gelombang tsunami akan melanda Filipina selatan dan sebagian Indonesia, Palau, dan Malaysia.

Baca juga: Gencatan Senjata Gagal, Israel Membombardir Gaza

USGS memperkirakan kekuatan awal sebesar 7,6 skala Richter, sedangkan badan gempa Filipina mengatakan kekuatan gempa berkekuatan 6,9 skala Richter.

Teresito Bacolcol dari Institut Vulkanologi Seismologi Filipina mengatakan kepada Associated Press bahwa lembaganya menyarankan penduduk di sepanjang pantai selatan provinsi Surigao del Sur dan Davao Oriental untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Baca juga: Warga Karawang Waspada, Ini 17 Penyakit Pemicu KLB Saat Musim Hujan

Berdasarkan besarnya gempa, dia mengatakan tsunami setinggi 1 meter (3,2 kaki) mungkin terjadi, namun gelombangnya bisa lebih tinggi di teluk.

Filipina sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi karena lokasinya di “Ring of Fire” Pasifik, sebuah busur patahan seismik di sekitar lautan. (*)