Beranda Hukum Agenda Seminar Hukum Tak Dihadiri Kepala BPN, INI-IPPAT Karawang Kecewa

Agenda Seminar Hukum Tak Dihadiri Kepala BPN, INI-IPPAT Karawang Kecewa

INI-IPPAT Karawang Kecewa ke BPN
Ketua IPPAT Karawang, Fadli Iksanul Husein dan Ketua INI Karawang, Juniety Dame Purba menyinggung soal ketidak hadiran pejabat BPN dalam seminar hukum INI-IPPAT.

KARAWANG – Pengurus daerah (Pengda) Ikatan Notaris Indonesia dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (INI-IPPAT) Karawang mengaku merasa kecewa terhadap pejabat Badan Pertanahan Nasional (BPN) Karawang.

Pasalnya, kegiatan seminar hukum yang dianggap penting oleh notaris dan PPAT justru tanpa dihadiri pejabat BPN selaku leading sektor kerja notaris/PPAT.

Ketua IPPAT Karawang, Fadli Iksanul Husein mengungkapkan kekecewaannya karena seminar hukum tersebut terkesan disepelekan pihak BPN.

Padahal sinergitas INI-IPPAT dengan ATR/BPN sangat berperan penting dalam percepatan penerbitan tanah di Karawang.

Baca juga: INI-IPPAT Karawang Asah Kompetensi Anggota lewat Seminar Hukum

“Kami sedikit kecewa ya, karena pertanahan kan mitra kita, juga bagian dari pembina dan koordinasi kita,” katanya.

Meski, kata dia, Kepala BPN Karawang sempat mengirim perwakilannya hadir ke lokasi acara. Namun itu pun hanya sesaat karena utusan tersebut beralasan ada kegiatan lain.

Baca juga: Bedah Problematika Perizinan OSS, INI-IPPAT Karawang Gelar Diskusi Hukum

Padahal mitra kerja INI-IPPAT lainnya mulai dari Kejaksan Negeri hingga Pengadilan Negeri semua berbaur bersama membangun sinergitas.

“Memang terkesannya formalistis sekali gitu yah. Kita kan tetap bisa membedakan mana profesional mana tidak,” kata Fadli.

“Tapi kalau dalam konteks-konteks gini kita kan berharapnya, yang agak formalitas kita kesampingkan karena kita semua di sini berbaur. Mau dari aparatur, mau pun dari kita profesi, tujuan kita kan sama untuk kemajuan Karawang, untuk kepentingan Karawang,” tandasnya.

Asah kompetensi anggota lewat seminar hukum

Pengurus daerah (Pengda) Ikatan Notaris Indonesia dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (INI-PPAT) Karawang menggelar seminar hukum yang diikuti oleh ratusan notaris dari berbagai wilayah.

Seminar tersebut mengangkat topik ‘Penguatan Implementasi SKMHT dan APHT dalam Pelaksanaan Tugas Jabatan Notaris/PPAT dan Relasinya dengan Covernote’ yang digelar di Brits Hotel Karawang, Rabu (22/2/2023).

Baca juga: Kunjungi Karawang, Wamen ATR/BPN Serahkan 37 Sertifikat Rumah Ibadah hingga Lembaga Pendidikan

Ketua INI Karawang, Juniety Dame Purba, SH mengungkapkan seminar hukum ini bertujuan untuk meng-upgrade kembali wawasan para anggota INI-IPPAT dengan melibatkan 171 peserta dari berbagai wilayah.

“Alhamdulilah hari ini, Rabu 22 Februari 2022, INI-IPPAT menggelar seminar hukum atau diskusi hukum yang di ikuti 171 peaerta dari Jawa Barat, ada yang dari Jakarta dan luar pulau juga ada,” kata dia.

Menurutnya, pengurus INI-IPPAT bertanggung jawab terhadap penguatan kompetensi anggota. Mengingat regulasi yang ada sangatlah dinamis.

“Ini merupakan tanggung jawab kami selaku ketua Pengda untuk mengupgrade pengetahuan para anggota,” ujar Juniety. (*)