Beranda Bekasi Sempat Diklaim Aman, Gudang Logistik KPU Kota Bekasi Terendam Banjir

Sempat Diklaim Aman, Gudang Logistik KPU Kota Bekasi Terendam Banjir

Gudang kpu bekasi banjir
Kondisi gudang logistik KPU Kota Bekasi terendam banjir akibat diguyur hujan deras. (Foto: istimewa)

BEKASI – Gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi terendam banjir usai diguyur hujan deras pada Selasa (9/1) malam. Beruntung bahan logistik Pemilu 2024 tidak rusak akibat peristiwa itu.

Ketua KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa mengatakan, gudang yang terletak di kawasan Alexindo, Medan Satria, Kota Bekasi ini terendam air akibat ada saluran air yang mampet.

Padahal sehari sebelumnya, Ali sempat mengklaim kondisi gudang logistik layak digunakan dan bebas dari banjir.

Baca juga: Ada 43 Sekolah Rawan Banjir di Kota Bekasi, Disdik Siapkan Langkah Ini

“Di hari kedua melakukan sortir lipat, setelah kami selesai, tiba-tiba hujan sangat deras dengan debit air tinggi, diawali dari saluran di sekitar gudang yang tidak lancar sehingga beberapa air keluar dari saluran,” jelas Ali dalam keterangannya, dikutip Kamis, 11 Januari 2024.

Ahasil pihaknya langsung berkoordinasi dengan Pemkot Bekasi dan meminta pemilik gudang segera menyedot genangan air di gudang dengan pompa.

Meski sempat terendam, namun keadaan bisa ditangani. Seluruh logistik juga dipastikan tidak rusak akibat genangan tersebut.

Baca juga: KPU Karawang Terima Surat Suara Terakhir Pemilu 2024, Siap Lakukan Sortir-Lipat

“Saat ini seluruh logistik KPU Kota Bekasi semuanya sudah kami tempatkan sesuai dengan SOP, semua ada di atas palet dan setelah kejadian itu, seluruh logistik Pemilu baik surat suara, kota suara, bilik suara, salinan-salinan lainnya dalam keadaan aman, bebas dari basah,” jelas dia.

Sebelumnya, Ali sesumbar bahwa gudang logistik yang disewa KPU Kota Bekasi itu sudah laya dan bebas banjir. Sebab, pihaknya telah menggelar uji kelayakan pada gudang tersebut.

“Ya, sebelum gudang ini ditempati, kami sudah melakukan uji kelayakan, ada tim yang menilai kelayakan gudang secara profesional dan ini dinilai layak sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan, sehingga kami akhirnya sewa gedung ini,” kata Ali, Senin (8/1/2024). (*)