Beranda Lifestyle Dear Moms, Berikut 5 Cara Menyimpan Cabe Rawit Agar Tidak Mudah Busuk

Dear Moms, Berikut 5 Cara Menyimpan Cabe Rawit Agar Tidak Mudah Busuk

Tips Menyimpan Cabe Rawit (Foto: Istock)

TVBERITA.CO.ID – Buat kamu yang doyan pedas, cabai atau biasa kita sebut cabe merupakan bahan masak yang hampir selalu kita butuhkan untuk memasak sehari-hari sebagai bumbu.

Apalagi untuk penggunaan cabe rawit dan cabe merah keriting, hampir setiap saat di butuhkan, dijadikan sambal maupun pelengkap masakan.

Jadi, penyimpanannya harus dilakukan dengan baik dan tepat agar awet dan tidak mudah busuk. Apalagi harganya sering naik di pasaran.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menyimpan cabai agar awet, tidak mudah layu dan busuk hingga berminggu-minggu. Melansir beautynesia.

Baca juga: 4 Tips Mengatasi Susah Tidur Karena Cemas, Berikut Penjelasannya

1. Pisahkan dengan yang Busuk

Menyimpan cabe rawit
Pisahkan dengan yang Busuk (Foto: Istock)

Pisahkan cabai yang bagus dan segar dari cabai yang sudah tidak terlalu segar. Bagian cabai yang sudah rusak, bonyok, atau membusuk hendaknya dibuang dan dipisahkan dari cabai yang masih benar-benar segar.

2. Jangan Mencuci Cabai
Jangan Mencuci Cabe rawit
Jangan Mencuci Cabai (Foto: Istock)

Jangan mencuci cabai sebelum disimpan karena kadar air akan memberi kelembapan pada cabai sehingga membuat cabai mudah busuk. Cucilah cabai hanya jika kamu hendak menggunakannya untuk memasak atau membuat bumbu.

Baca juga: 4 Tips Turunkan Kolesterol dengan Olahan Daun Salam

Membuang batang cabai atau cabe rawit maupun keriting juga dipercaya dapat membuat cabai menjadi jauh lebih awet dibandingkan menyimpan cabai dengan batangnya.

3. Simpan di Wadah Tertutup
Simpan di Wadah Tertutup
Simpan di Wadah Tertutup (Foto: Istock)

Tips paling simpel untuk menyimpan cabai adalah dengan wadah tertutup. Menyimpan cabai dalam keadaan tertutup bisa membuatnya awet hingga berminggu-minggu.

4. Tambahkan Tisu dan Bawang Putih Kupas
Tips menyimpan cabai
Tambahkan Tisu dan Bawang Putih Kupas (Foto: Istock)

Menyimpan cabai dengan tambahan tisu dapur dan bawang putih kupas di wadah tertutup juga dipercaya dapat membantu cabai menjadi tidak mudah busuk hingga kurang lebih sebulan. Apakah kamu sudah pernah mencobanya di rumah? Simpan di Kulkas.

Semua bahan masak jika disimpan di kulkas sudah dipercaya bisa membuatnya awet. Menyimpan cabai pun bisa membuatnya lebih tahan lama.

Baca juga: Tips Mengatasi Sakit Maag Kambuh Tanpa Minum Obat

Namun, hindari menyimpan cabai berdekatan dengan produk olahan susu seperti keju, susu cair, dan semacamnya. Sebab, aroma cabai dinilai dapat menulari bahan makanan tersebut.

5.Simpan di Freezer
Menyimpan cabai
Simpan di Freezer (Foto: Istock)

Menyimpan cabai di freezer dapat mengawetkannya hingga dua bulan. Membekukan cabai merupakan cara yang relatif cepat dan mudah untuk menjaga kesegarannya tahan lama.

Pastikan kamu sudah menutup wadah cabai dengan rapat sebelum membekukan persediaan cabaimu.

Baca juga: Manfaat dan Risiko Konsumsi Kopi Hijau Bagi Kesehatan

Demikianlah tips cara menyimpan cabai agar tidak cepat busuk, semoga bermanfaat. (*)