Beranda Ekonomi Pupuk Kujang Lakukan Pemulihan di Hulu dan Hilir Citarum, 3 Ribu Pohon...

Pupuk Kujang Lakukan Pemulihan di Hulu dan Hilir Citarum, 3 Ribu Pohon Telah Ditanam

Tim Pupuk Kujang saat melakukan penanaman pohon (Foto: Istimewa)

KARAWANG- Sungai Citarum adalah urat nadi kehidupan. Manfaatnya sangat vital bagi peradaban manusia, tak terkecuali bagi Pupuk Kujang. Setiap hari, sebanyak 59.536 m3 air Citarum disalurkan ke pabrik di Cikampek untuk bahan baku pupuk. Dengan air Citarum sebanyak itu, Pupuk Kujang membuat pupuk untuk digunakan petani.

“Bagi Pupuk Kujang, Sungai Citarum sangat penting. Karena itu, perusahaan terus komitmen untuk berkontribusi dalam program pemulihan Citarum,” kata Andika Arif Kurniawan, VP K3 LH Pupuk Kujang, Jumat, 5 Agustus 2022.

Penanganan sungai Citarum dilakukan berbagai pihak secara pentahelix. Mulai dari pemerintah, pers, masyarakat, perusahaan dan organisasi saling menyokong program tersebut.

Baca Juga: Bakal Digusur, MUI Karawang Sambangi Mushola At-Taubah, Warga Minta Kompensasi

Sebagai perusahaan yang peduli pada lingkungan, Pupuk Kujang turut ambil bagian dalam upaya pemulihan Citarum, baik itu di hulu maupun hilir sungai terpanjang di Jawa Barat itu.

Di hilir, tepatnya di wilayah Karawang, Pupuk kujang melakukan restorasi ekosistem bantaran sungai dengan rutin menanam pohon buah di kawasan tersebut. Hingga kini, sudah 3 ribu pohon telah ditanam.

Jenis pohon yang ditanam diantaranya pohon buah seperti durian, mangga, rambutan, dan pohon lainnya. Seluruh insan Pupuk Kujang juga berkontribusi dalam restorasi tersebut melalui program sakasopo atau satu karyawan satu pohon.

Baca Juga: Pesta Rakyat Simpedes: Upaya BRI Dorong Pelaku UMKM Go Digital

Menanam pohon di bantaran sungai dilakukan karena bisa mencegah dan mengurangi ketinggian banjir hingga 20 persen.

“Pohon sifatnya menyerap air, sehingga mudah-mudahan bisa menyerap air saat volume air Citarum sedang tinggi. Selain itu buah dari tanaman ini bisa bermanfaat untuk pengunjung dan warga sekitar,” kata Andika.

1
2
3
Artikel sebelumnyaKKN UBP Karawang Hasilkan Sejumlah Inovasi Produk dan Pemasaran UMKM
Artikel selanjutnyaTerancam Digusur Tanpa Kompensasi, Warga Karangligar Minta Dinas PUPR Jangan Cuek