Beranda Karawang KKN UBP Karawang Hasilkan Sejumlah Inovasi Produk dan Pemasaran UMKM

KKN UBP Karawang Hasilkan Sejumlah Inovasi Produk dan Pemasaran UMKM

KARAWANG – Sebagai Perguruan Tinggi, UBP Karawang berperan aktif dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, diantaranya pengabdian kepada masyarakat.

Bentuk pengabdian kepada masyarakat salah satunya adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan pada 1 – 31 Juli 2022 di 84 Desa 16 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Karawang. Kegiatan KKN 2022 mengambil tema Inovasi dan Digitalisasi UMKM menuju Masyarakat Mandiri.

Kegiatan KKN tahun 2022 ditutup dengan kegiatan Lokakarya hasil-hasil KKN, Penandatangan MoU UBP Karawang dengan Desa, dan peresmian Klinik Bumdes pada 3 Agustus 2022.

Baca juga: UBP Karawang Wacanakan Pembangunan Fakultas Kedokteran

Berdasarkan laporan ketua Panitia KKN 2022 Afif Hakim, Kegiatan KKN 2022 diikuti oleh 1396 mahasiswa dari 11 Prodi. Output yang dihasilkan diantaranya inovasi proses, produk dan pemasaran UMKM yang ditampilkan dalam kegiatan penutupan, 1396 hak cipta, 1396 paper yang dipublish, dan buku.

Rektor UBP Karawang, Prof. Dedi Mulyadi dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan KKN tahun 2022 dan mengharapkan ada tindak lanjut kegiatan.

“Kami berkomitmen agar kegiatan KKN ini ada tindak lanjut, sehingga pada hari ini juga ditandatangani langsung MoU antara UBP Karawang dengan 84 Desa yang menjadi sasaran KKN 2022,” katanya.

Baca juga: Cerita Yahya, Anak Buruh Bangunan yang Sukses Jadi Wisudawan UBP Karawang

Dalam kegiatan penutupan KKN tersebut pula, diresmikan Klinik Bumdes dengan ditandai penabuhan Gong oleh Rektor. Klinik bumdes bertempat di Gedung Rektorat lantai 2 yang akan menjadi tempat konsultasi Bumdes yang kurang sehat.

Toto Nur Anwari kepala Desa Tegelurung, Kecamatan Cilamaya Kulon merasa senang dengan kehadiran Mahasiswa KKN di desanya. Dalam testimoni yang disampaikan, Toto menjelaskan bahwa UMKM di desanya terbantu oleh inovasi dan digitalisasi yang digagas oleh mahasiswa. Toto juga membuka selebar-lebarnya jika ada perguruan tinggi yang akan bekerja sama dengan Desa Tegelurung.

Baca Juga :   Wujudkan SDM Tangguh, UBP Karawang Gandeng Sejumlah Kelompok Pengusaha

“Saya mengajak kepala desa lainnya untuk mendukung upaya Perguruan tinggi khususnya UBP Karawang untuk bersama-sama memajukan dan memberdayakan masyarakat di pedesaan,” ujarnya.

Artikel sebelumnyaEks Pentolan Partai Hanura Gabung PDIP Karawang, Siap Nyaleg di 2024
Artikel selanjutnyaPupuk Kujang Lakukan Pemulihan di Hulu dan Hilir Citarum, 3 Ribu Pohon Telah Ditanam