Beranda Karawang Belum Rampung Dibangun, Proyek Jembatan di Lemahabang Karawang Ambruk

Belum Rampung Dibangun, Proyek Jembatan di Lemahabang Karawang Ambruk

Jembatan ambruk di karawang
Proyek pembangunan jembatan di Dusun Lampean II, Desa Kedawung, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang ambruk saat pengerjaannya belum rampung.

KARAWANG – Proyek pembangunan jembatan di Dusun Lampean II, Desa Kedawung, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang ambruk saat pengerjaannya belum rampung.

Pekerjaan yang dilakukan oleh CV Mitra Unggul Sejahtera ini menelan anggaran sekitar Rp 139 juta dari APBD Karawang Tahun Anggaran 2023.

Salah seorang warga yang enggan ditulis namanya, mengatakan bahwa ambruknya jembatan ini diduga karena konstruksi pengerjaannya dilakukan secara asal-asalan alias tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Baca juga: Jalur Pedestrian di Karawang Rusak Tak Terawat, Pemkab Dianggap Cuma Buang-buang Duit

Dirinya menyesalkan lemahnya pengawasan dari dinas PUPR Karawang terkait kualitas pekerjaan yang dilakukan. Beruntungnya saat ini jembatan itu ambruk, sehingga warga bisa menilai jika proyek yang dikerjakan tak berkualitas.

“Ini dikarenakan lemahnya pengawasan dari dinas PUPR Jalan dan jembatan yang konon katanya sering datang, sering memberikan bimbingan kepada para pekerja. Namun pada kenyataanya tidak sesuai spek ya, kalau sesuai spek mungkin tidak akan kejadian seperti ini,” kata dia di lokasi pekerjaan, Selasa (11/7/2023).

Dirinya mengingatkan agar pengawas dinas maupun kontraktor tidak main-main dalam membuat pekerjaan. Karena tentu yang dirugikan adalah masyarakat.

Baca juga: Rusak Puluhan Tahun, Ruang Kelas SDN di Karawang Terpaksa Ditahan Tiang Bambu Agar Tak Roboh

“Dan indikasi dari pengawas dinas PUPR hanya memakan gaji buta dan manis di mulut dengan kata-kata yang katanya memberikan arahan dan bimbingan kepada para pekerja, tapi kenyataannya pekerjaan yang baru 90 persen hampir selesai baru diguyur hujan sedikit saja sudah ambrol,” ungkapnya.

Sementara, pihak Dinas PUPR Karawang maupun pihak pelaksana CV Mitra Unggul Sejahtera belum dapat dikonfirmasi hingga berita ini diterbitkan. (*)