Beranda Karawang Gunakan Sistem Barcode, TPS di Warungbambu Bisa Rekam 1 sampai 10 Pemilih...

Gunakan Sistem Barcode, TPS di Warungbambu Bisa Rekam 1 sampai 10 Pemilih dalam Satu Menit

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID– Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Karawang tengah berlangsung. Pilkades yang dilaksanakan secara serentak ini diikuti oleh 156 calon kades dari 45 Kecamatan.

Salah satu TPS di Warungbambu Kecamatan Karawang Timur mungkin menjadi salah satu TPS yang unik dengan menerapkan sistem Scan Barcode.

Ketua Panitia 11 TPS Warungbambu, Endang Kosasih mengungkapkan, sistem Scan Barcode diterapkan guna efisiensi waktu serta antisipasi adanya pemilih ganda.

“Sebelumnya kita sudah melakukan simulasi. Jadi kegunaan sistem ini untuk efisiensi waktu. Dalam tempo hanya 1 menit saja, bisa merekam 1 sampai 10 pemilih. Kalau sistem manual membutuhkan waktu cukup lama untuk mencatat pemilih yang datang,” ungkap Endang saat diwawancarai, Minggu (23/2/2020) pagi.

Dengan sistem Scan Barcode tersebut, jelas Endang, setiap kehadiran pemilih ke TPS sudah diawasi sehingga mengantisipasi adanya pemilih ganda.

“Disini ada 5 calon kades. Partisipasi pemilih sebanyak 8260 orang. Dengan sistem ini, pemilih yang sudah melaksanakan hak pilihnya tidak bisa memilih lagi, karena nomor kodenya sudah terekam oleh server kami,” jelasnya.

Ia juga memastikan, data para pemilih tersebut bisa digunakan seumur hidup. Jadi, kata dia, masyarakat tidak perlu mendaftar ulang ketika ada agenda pemilihan kades atau pemilihan kepala daerah, Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden.

“Sebentar lagi kan Pilkada. Jadi masyarakat tidak perlu daftar ulang. Datanya sudah ada disini. Kalau ada tambahan, masyarakat bisa langsung mendaftar melalui aplikasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah kami buat sendiri. Masyarakat bisa langsung mendaftar menggunakan gawainya,” terangnya. (nji/kie)