Beranda Headline Harga 7 Komoditas Naik Jelang Nataru, DPRD Ingatkan Ini ke Disperindag Karawang

Harga 7 Komoditas Naik Jelang Nataru, DPRD Ingatkan Ini ke Disperindag Karawang

Nataru Komoditas karawang
Harga tujuh komoditas pangan alami kenaikan. DPRD Karawang meminta Disperindag Karawang turun tangan antisipasi lonjakan harga. (Foto/istimewa)

KARAWANG – Anggota Komisi II DPRD Karawang, Rizka Restu Amalia mengingatkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karawang bergerak cepat mengantisipasi lonjakan harga komoditas pangan.

Hal itu menyusul harga 7 komoditas mulai merangkak naik jelang perayaan natal dan tahun baru (nataru) 2023 di Karawang.

Rizka meminta Disperindag bisa menyikapi kenaikan harga komoditas tersebut dengan serius, sebab kenaikan tersebut banyak dikeluhkan oleh masyarakat.

Baca juga: Gandeng Pakar Hortikultura, Pupuk Kujang Latih Warga Membuat Minyak Kayu Putih

“Harga daging sapi, telur dan komoditas lainnya juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan, Disperindag harus segera turun tangan agar harga-harga kebutuhan pokok masyarakat bisa terkendali,” kata Rizka saat saat dikonfirmasi, Kamis (15/12/2022).

Legislator termuda di Karawang ini juga tak menampik, setiap momen hari-hari besar seperti nataru, harga komoditas sering kali mengalami kenaikan.

“Tren nya memang seperti itu, salah satu penyebab kenaikan harga pangan karena jumlah permintaan yang tinggi,” ujarnya.

Rizka juga menambahkan Disperindag sebagai dinas yang paling berwenang untuk segera mengambil langkah-langkah konkrit untuk mengendalikan harga pangan.

“Disperindag harus segera ambil tindakan dan kebijakan konkrit di lapangan untuk mengantisipasi kenaikan tersebut, kerena ini akan berdampak pada naiknya produksi olahan pangan makanan atau bahan lainnya,” pungkasnya.

Daging sapi tembus Rp 140 ribu per kilogram

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Karawang pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang, Ahmad Rifai mengungkapkan, ada tujuh komoditas yang mengalami kenaikan dan sejumlah komoditas bertahan diharga tinggi.

Komoditas yang mengalami kenaikan yakni ayam boiler, cabai merah keriting dan biasa, cabai rawit hijau dan merah, bawang merah dan putih.