Beranda Headline Hindari Tragedi 2019 Terulang, KPU Karawang Upayakan Suplemen bagi Petugas KPPS

Hindari Tragedi 2019 Terulang, KPU Karawang Upayakan Suplemen bagi Petugas KPPS

Suplemen untuk kpps karawang
KPU Karawang menutup penyelenggaraan Bimtek para petugas KPPS di Karawang.

KARAWANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, Jawa Barat tengah mengupayakan penyediaan suplemen dan vitamin bagi para petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara).

Langkah ini dilakukan agar kondisi fisik para petugas KPPS tetap terjaga saat bertugas di hari pencoblosan pada 14 Februari 2024.

“Tentu sedang kami usahakan, kalaupun (suplemen) ada akan disampaikan dengan biaya operasional TPS itu sendiri. Mudah-mudahan ya,” kata Mari usai menutup kegiatan bimbingan teknis (bimtek) para petugas KPPS di Swiss-Belinn Hotel Karawang pada Rabu, 31 Januari 2024.

Baca juga: KPU Bilang Jokowi Boleh Ikut Kampanye, Asal Seizin Presiden

Berkaca pada Pemilu 2019 lalu, banyak petugas KPPS tumbang dan meninggal dunia karena kelelahan. Dia berharap sejarah kelam itu tidak terulang di Pemilu 2024.

“Kami ingatkan para penyelenggara, baik itu PPK, PPS maupun KPPS untuk tetap menjaga kesehatan selama tahapan Pemilu 2024 hingga hari pencoblosan nanti, per hari ini juga sudah ada 3 orang anggota KPPS yang meninggal, jadi kita harapkan teman-teman KPPS ini bisa lebih menjaga lagi kesehatannya,” pintanya.

Adapun petugas KPPS di Karawang berjumlah 48.230 petugas. Mereka akan bertugas selama satu bulan ke depan, terhitung 25 Januari sampai 25 Februari.

Honor masuk rekening KPPS

Selain itu, Mari mengungkapkan bahwa penerimaan honor KPPS akan ditransfer melalui rekening masing-masing ketua KPPS.

Baca juga: Komitmen Wujudkan Karawang Zero Waste, Bupati Aep Belajar Pengelolaan Sampah ke Banyumas

“Jadi untuk ketua KPPS seluruhnya itu nanti dibuatkan rekening masing-masing dan untuk penyalurannya nanti, untuk ketua dan anggota KPPS akan menerima honornya melalui ketua KPPS, jadi tidak melalui Rekening BOP PPS ataupun rekening BOP nya PPK,” jelasnya.