Beranda Headline HUT Perumdam Tirta Tarum Karawang ke-35: Panen Penghargaan hingga Umrohkan Karyawan

HUT Perumdam Tirta Tarum Karawang ke-35: Panen Penghargaan hingga Umrohkan Karyawan

KARAWANG – Perumdam (Perusahaan Umum Daerah Air Minum) Kabupaten Karawang merayakan hari jadi yang ke-35 tahun.

Direktur Perumdam Karawang, M. Sholeh mengatakan, tema HUT kali ini adalah “Dengan Semangat 35 Tahun Kebersamaan Kita Tingkatkan Kualitas”.

“Sebenarnya HUT PERUMDAM Tirta Tarum ke-35 akan dilaksanakan tanggal 23 Mei 2022 akan tetapi banyaknya kegiatan serta masih dalam suasana Idul Fitri 1442 H, survey baseline MBR, audit kinerja, transformasi SOTK baru dan kegiatan lainnya, sehingga acra puncak baru dapat dilaksanakan hari ini tanggal 1 Juni 2022,” ucap M. Sholeh, Rabu (1/6).

Rangkaian Acara HUT ke-35 dimulai dengan berbagal perlombaan untuk internal pegawai PERUMDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang, diantaranya: Pada bulan ramadhan diadakan PS, Lomba e-sport Mobil Legend dan terakhir acara puncak hari ini yang diadakan lomba mancing dan hiburan serta pengundian ibadah umroh untuk pegawai PERUMDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang. Rangkaian kegiatan tersebut tentunya sangat mempererat silaturahmi dan kebersamaan keluarga besar Perumdam Tirta Tarum.

Baca juga: PERUMDAM Karawang Sabet Penghargaan Peringkat 3 BUMD Terbaik

“Sebagaimana diketahui PDAM telah bertransformasi statusnya menjadi Perusahaan Umum (Perum). Dengan status sebagai PERUMDAM Tirta Tarum diharapkan dapat lebih fokus kepada pelayanan masyarakat dengan pengelolaan yang lebih profesional, efektif dan efisien. Dengan perubahan status ini banyak pula perubahan kepengurusan dan organisasi di PERUMDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang,” ucap M.Sholeh

M. Sholeh menuturkan perubahan struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) tentunya diharapkan berdampak positif bagi perusahaan, sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Bupati Karawang No 14 Tahun 2022.

“Dengan adanya perubahan SOTK ini manajemen tetap dituntut lebih profesional dan bekerja lebih keras lagi, sebab selain fokus kepada pelayanan dan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) tetap berlaku, meskipun ada batasan tertentu cakupan pelayanannya,” paparnya.

Peningkatan kualitas tersebut meliputi 4 K yaitu kuantitas, kualitas, kontinyuitas dan keterjangkauan.

Melanjutkan tekad manajemen dibawah kepemimpinan M. Sholeh, Perumdam Tirta Tarum semakin kokoh dengan pencapaian target pelayanan 100.000 pelanggan di masa kepemimpinannya sebagai kelas BUMD Air Minum yang besar dan disegani. Saat ini jumlah pelanggan sudah melampaui 100.000 pelanggan aktif atau meningkat lebih dari 33% di era kepemimpinannya. Bahkan berdasarkan penilaian kementerian PUPR masih tetap sehat dan baik meskipun ditengah pandemi covid-19.

Baca juga: Terus Berinovasi, Perumdam Karawang Diganjar Award Lagi

Tantangan & Prestasi

Dengan transformasi PDAM menjadi Perumdam dan perubahan SOTK baru maka tantangan yang dihadapi bukanlah semakin sedikit, akan tetapi semakin banyak, apalagi menghadapi semakin besarnya kapasitas dan jumlah pelanggaran serta kompleksnya permasalahan teknis dan non-teknis.

Beberapa permasalahan teknis diantaranya adalah usia perpipaan, usia infrastruktur dan peralatan, kapasitas produksi, kualitas air baku dan kondisi geografis layanan. Sedangkan masalah non-teknis seperti rendahnya tarif, SDM, finansial, IT dan masalah non-teknis lainnya. Akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi kualitas layanannya.

Demikian juga dengan kondisi Non FCR (Full Cost Recovery) di tahun 2020 dan 2021 hasil Audit Independen merupakan tantangan manajemen untuk terus eksis ditengah berbagai tantangan tersebut, apalagi setelah terpaan Pandemi Covid-19.

“Dengan 11 piala penghargaan selama 2021-2022 dapat menjadi motivasi bagi seluruh manajemen untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan meningkatkan kesehatan perusahaan. Tentunya hal ini belum lah sempurna, masih banyak tantangan, hambatan, ancaman dan gangguan yang dihadapi untuk mempertahankan prestasi,” tutur M. Sholeh.

Baca juga: Top Digital Awards 2021: Kado Akhir Tahun Perumdam Tirta Tarum untuk Karawang

Setelah tiga tahun pertama fokus penyehatan dan peningkatan jumlah pelanggan, maka tahun 2022 kami bertekad meningkatkan kualitas pelayanan baik dari segi teknis maupun non teknis.

Beberapa capaian hingga tahun 2022, diantaranya adalah (1) Peningkatan jumlah pelanggan lebih dari 33% dalam waktu 3 tahun dari 72 ribu menjadi >100.000 SR, (2) peningkatan pelayanan dengan konsep One Day Service (ODS) dan One Hour Service (OHS); (3) Tingkat kesehatan perusahaan kategori sehat dan baik 3 tahun berturut-turut; (4) Pelunasan PAD 6 tahun sekaligus tahun 2016-2021; (5) penyelesaian beberapa permasalahan internal dan eksternal; (6) kepercayaan mitra dalam kerjasama dan pendampingan dari USAID IUWASH SECO, Water.org, hibah, maupun PPOB; (7) penerapan nilai inti Perusahaan (Best Service) dan transformasi organisasi yang lebih baik.

“Berbagai capaian tadi tidak akan dapat terlaksana dengan baik tanpa dukungan Dewas, Bupati, DPRD, OPD terkait maupun seluruh masyarakat,” katanya.

Kedepan PERUMDAM Tirta Tarum Karawang bertekad menjadi perusahaan besar yang disegani baik tingkat lokal, regional maupun nasional. Argahayu Perumdam Tirta Tarum Karawang ke-35 Tahun semoga tetap jaya, menjadi Perumdam terbaik sesual harapan. Mohon do’anya seluruh masyarakat Karawang.

“Dengan Semangat 35 tahun kebersamaan kita tingkatkan kualitas,” tandasnya. (rls)