Beranda Regional Pendekar FPSTI Galang Dana untuk Korban Tsunami

Pendekar FPSTI Galang Dana untuk Korban Tsunami

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Federasi Pencak Silat Tradisional Indonesia (FPSTI) Bekasi bersama delapan perguruan silat Kota Bekasi menggalang dana untuk korban tsunami di Banten, kemarin.

Ketua Tim Penggalangan Dana FPSTI Kota Bekasi, Riyandi mengatakan, bahwa galang dana ini sudah dilakukan selama dua pekan dan akan berlanjut pada pekan depan.

“Galang dana ini kloter minggu kedua, kemarin minggu pertama sudah kita adakan, terakhir itu pada minggu ketiga yang kita adakan dengan mengadakan workshop membuat berbagai jenis iket kepala dari Sunda, Minang, dan Melayu dari bahan dasar kain segi empat, hasil kreasi workshop akan kami lelang kembali dan akan kami sumbangkan untuk korban bencana, penutupan penggalangan dana sendiri akan kami tutup pada tanggal 17 Januari,” kata Riyandi.

Dikatakannya, bantuan berupa bentuk dana, dan pakaian layak pakai, serta makan dan minuman akan disalurkan langsung bersama tim FPSTI pada 19 Januari 2019 mendatang, langsung ke tempat bencana. “Kebetulan kita mempunyai jaringan organisasi juga di wilayah Banten, jadi saudara kami dari tim FPSTI bersama jawara Banten sudah menunggu kedatangan kami, kami tinggal datang dan salurkan bantuan,” bebernya.

Menurutnya, aksi penggalangan dana kali ini, kata dia, merupakan bentuk kepedulian FPSTI, karena di Banten banyak pegiat seni budaya. “Jadi ini kita jalankan murni bentuk kepedulian, dan kami transparan terkait laporan dana masuk, pakaian layak pakai atau makanan akan kita susun drafnya, dan pada saat pembubaran panitia pada 27 Januari 2019 nanti, semua kita laporkan secara transparan kepada tim dan pengurua FPSTI. Jadi tidak ada eksistensi,” jelasnya.

Ditegaskannya, jika pencak silat mencari eksistensi tidak perlu sistem menggalang dana, tapi FPSTI turun murni karena kemanusian. Tak hanya itu saja, dirinya juga mengaku membuka posko penyaluran di setiap perguruan secara sukarela. “Tidak hanya di sini aja, tapi kita di rumah-rumah, padepokan dan perguruan, untuk posko centernya berada di Jalan Gurame 1 Nomor 30, Kayuringin, Bekasi Selatan,” imbuhnya.

Hal senada juga dikatakan, Ketua Umum FPSTI, Rahmadsyah KP. Dirinya sangat mengapresiasi aksi penggalangan dana yang dilakukan oleh FPSTI Kota dan Kabupaten Bekasi.

“Saya sangat mengapresiasi perguruan-perguruan dan para pendekar muda, saya sangat berbangga diri bahwa ada regenerasi setelah saya yang kreatif untuk Kota Bekasi hingga tidak mati obor, sulit untuk menemukan orang-orang kreatif yang mampu berkreasi seperti anak muda yang tergabung dalam FPSTI, dan saya sangat mensupport mereka untuk berada di depan,” ucapnya.

Dia pun sangat bersyukur bahwa legalitas FPSTI sendiri sudah terdaftar di Kemenkumham, dan untuk keanggotaannya sendiri sudah tersebar di seluruh Indonesia dan Internasional.

“Alhamdulillah, semua saudara-saudara tradisional juga sudah mensupport,” pungkasnya.(cr1/fzy)