Beranda Headline Perayaan Cap Go Meh 2023 di Karawang Berlangsung Meriah, Ribuan Warga Antusias

Perayaan Cap Go Meh 2023 di Karawang Berlangsung Meriah, Ribuan Warga Antusias

Cap Go Meh karawang
Suasana perayaan Cap Go Meh di Karawang berjalan meriah.

KARAWANG – Perayaan Cap Go Meh 2023 yang digelar di Kabupaten Karawang berlangsung meriah.

Meski di bawah cuaca terik, ribuan warga dari berbagai penjuru Karawang antusias menyaksikan berbagai atraksi yang disuguhkan.

Pembukaan Cap Go Meh diawali dengan ritual tradisional dan tarian Sanghyang Sri. Kemudian berlanjut arak-arakan yang dimulai dari Kelenteng Darma Prasada Mahameta di Jalan Tuparev dari pukul 13.00 WIB.

Sebanyak 50 joli atau tandu dari berbagai kelenteng diarak keliling kawasan perkotaan Karawang. Kirab Toa Pe Kong, iring-iringan barongsai serta naga liong menambah kemeriahan suasana Kirab.

Baca juga: Simak Rute Pawai Cap Go Meh 2023 di Karawang, Bakal Meriah!

Dalam perayaan ini juga diselipkan rangkaian acara ruwat bumi dan kirab budaya.

Cap go meh karawang
Tarian Sanghyang Sri jadi sajian pembuka pawai Cap Go Meh 2023 di Karawang yang berlangsung meriah.

Srimulyati (42) warga Desa Adiarsa Barat, Kecamatan Karawang mengaku sangat antusias menantikan perayaan Cap Go Meh.

“Saya setiap ada cap go meh selalu ikut, meskipun saya muslim. Seru aja, ada barongsai dan ada atraksi-atraksi,” ungkapnya,

Warga lainnya, Ahmad Burhanuddin (21) mengaku senang bisa menonton perayaan ini bersama kerabatnya. Bahkan ia rela bersiap di sekitar acara sejak pukul 10.00 WIB meski acara baru dimulai pukul 13.00 WIB.

Baca juga: Imlek 2023 Jadi Tahun Kelinci Air, Ini Maknanya Berdasarkan Mitologi Tiongkok

Arak-arakan pawai Cap Go Meh 2023 di Karawang.

“Udah dari jam 10 di sini bareng temen, nunggu iring-iringan lewat. Saya bawa adik juga, pada pengen nonton soalnya tahun kemarin enggak ada,” ujar Burhan.

Untuk diketahui, pawai Cap Go Meh di Karawang sudah rutin dilakukan sejak 25 tahun lalu. Namun 2 tahun ke belakang, perayaan sempat absen akibat Pandemi Covid-19.

Sementara jalur pawai itu dimulai dari Jalan Tuparev menuju Alun-alun Karawang, kemudian menyusuri Jalan Kertabumi – Jalan Niaga – Jalan Dewi Sartika dan berakhir di titik pemberangkatan awal. (*)