Beranda Health Satu Warga Karawang Terinfeksi Cacar Monyet, Dinkes Lakukan Tracing, Ini Hasilnya…

Satu Warga Karawang Terinfeksi Cacar Monyet, Dinkes Lakukan Tracing, Ini Hasilnya…

Dinkes karawang tracing cacar monyet
Kepala Dinkes Karawang, Endang Suryadi.

KARAWANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang melakukan tracing ketat imbas adanya temuan satu warga Karawang tertular cacar monyet.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang, Endang Suryadi membenarkan bahwa ada salah satu warga Karawang yang terinfeksi monkeypox, orang tersebut ber-KTP Karawang dan sedang bekerja di Jakarta.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, pihaknya langsung memanggil keluarga pasien dan melakukan tracing sebagai bentuk pencegahan.

“Betul setelah kita konfirmasi ke Kementerian Kesehatan, dinyatakan benar jika pasien tersebut ber KTP Karawang. Tapi dia sedang tidak tinggal di Karawang dan bekerja di Jakarta,” ungkap Kadinkes saat diwawancarai pada Sabtu, 4 November 2023.

Dari hasil tracing, Dinkes Karawang menyatakan jika keluarga pasien tidak ikut terpapar alias negatif cacar monyet.

“Saat ditemui, pasien telah keluar dari RS. Setelah kita tracing, keluarga pasien negatif cacar monyet. Dan saat ini pun pasien itu sudah kembali bekerja,” paparnya.

Kendati demikian, ia mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat.

Demi menghindari cacar monyet yang penyebarannya cukup cepat, masyarakat harus lebih berhati-hati dalam berinteraksi serta menjaga kesehatan tubuh.

“Monkeypox kan penularannya kontak fisik yah, seperti bersalaman. Nah sebaiknya setelah berinteraksi dengan orang lain langsung cuci tangan, minimal itu yang dilakukan,” ujarnya.

“Jika memang kita mengalami tanda-tanda cacar monyet, seperti timbul ruam atau bintik-bintik di badan, langsung lapor ke puskesmas atau kader kesehatan setempat,” pungkasnya. (*)